Rabu, 21 Oktober 2020 16:43

Antisipasi Genangan di Musim Hujan, Pemkot Parepare Imbau Warga Tidak Buang Sampah Sembarangan

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Antisipasi Genangan di Musim Hujan, Pemkot Parepare Imbau Warga Tidak Buang Sampah Sembarangan

Upaya lain untuk mencegah genangan, pemerintah menurunkan tim kebersihan melakukan pengerukan atau normalisasi pada setiap titik drainase yang ada.

RAKYATKU.COM,PAREPARE - Pelaksana tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kota Parepare, Syamsuddin Taha menghimbau warga untuk tidak membuang sampah sembarangan. Terutama di sekitar sungai dan drainase.

"Ini kan memasuki musim penghujan, kami imbau warga jangan buang sampah sembarangan untuk mencegah banjir dan penyumbatan pada derinase," ucap Syamsuddin Taha. Rabu (21/10/2020).

Dia menjelaskan, salah satu penyebab banjir pada musim hujan, selain dampak kiriman air dari hulu, juga terjadinya pendangkalan dan penyempitan daerah aliran sungai. Dari hasil normalisasi yang dilakukan, sungai dangkal dan sempit itu terjadi karena salah satunya penyebab sampah.

Baca Juga : IM3 Gelar Konser Collabonation Tout di Kota Parepare. Hibur 8500an Pengunjung

"Akibat membuang sampah sembarangan sungai bisa jadi dangkal dan terjadi penyempitan, begitu juga dengan saluran atau drainase air di daerah perkotaan," kata mantan Kabag Pembangunan Pemkot Parepare itu.

Upaya lain untuk mencegah genangan, lanjut Syamsuddin, pihaknya menurunkan tim kebersihan melakukan pengerukan atau normalisasi pada setiap titik drainase yang ada.

"Tim kita turunkan melakukan pengerukan pada drainase di sejumlah titik. Selain itu kita edukasi warga setempat untuk sama-sama menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan," tandasnya.

Baca Juga : Kebakaran Terjadi di Perumahan Padat Penduduk Kota Parepare

Sebelumnya Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe juga menyampaikan imbauan serupa. Taufan Pawe mengimbau agar warga tak membuang sampah sembarangan tempat. Imbauan itu dimaksudkan untuk mencegah genangan air di permukiman warga di musim penghujan ini.

"Diimbau warga jangan buang sampah sembarangan, apalagi pada selokan dan saluran air. Ini bisa menghambat aliran air dan bisa mengakibatkan genangan," ungkap Taufan Pawe, beberapa waktu lalu.

Perangkat RT/RW harap Taufan Pawe untuk menggalakkan kerja bakti di setiap akhir pekan. Kerja bakti tak hanya membersihkan lingkungan namun juga bisa mempererat silaturahmi antar warga.

Baca Juga : Perampok di Parepare Gasak Uang dan Puluhan Karton Rokok, Receiver CCTV Turut Dibawa Kabur

"Selain bersih lingkungan kerja bakti atau gotong royong juga bisa mempersatukan kita," ungkap Taufan Pawe.

#parepare