Senin, 26 Oktober 2020 18:00

Bimtek Penyusunan Anggaran dan SIPD, Wali Kota Tekankan Parepare Selalu Jadi Percontohan

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bimtek Penyusunan Anggaran dan SIPD, Wali Kota Tekankan Parepare Selalu Jadi Percontohan

Taufan Pawe mengingatkan melalui bimtek ini harus meningkatkan kapasitas dan kompetensi para aparatur Pemkot Parepare, sehingga menghasilkan output yang baik.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe menekankan, Kota Parepare harus tetap menjadi percontohan dalam berbagai momen. Parepare kota kecil, kota jasa, namun harus menjadi role model.

Hal ini dikemukakan Wali Kota Taufan Pawe saat membuka Bimbingan Teknis Penyusunan Anggaran dan Pelatihan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) tahun anggaran 2020 di Novotel, Makassar, Senin (26/10/2020).

Semangat Parepare selalu menjadi percontohan, karena itu, Taufan Pawe mengingatkan melalui bimtek ini harus meningkatkan kapasitas dan kompetensi para aparatur Pemkot Parepare, sehingga menghasilkan output yang baik.

Baca Juga : IM3 Gelar Konser Collabonation Tout di Kota Parepare. Hibur 8500an Pengunjung

Terkait dengan SIPD, Taufan bahkan mencecar beberapa kepala SKPD yang hadir, yakni mana lebih dulu perencanaan atau penganggaran.

Asisten III Pemkot Parepare Haryanto, plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Abdul Latif, Kepala Bappeda Samsuddin Taha, Kepala Dinas Kominfo HM Iskandar Nusu, plt Kepala Dinas Kesehatan Hj Halwatia yang mendapat pertanyaan seperti itu, menjawab perencanaan lebih dulu baru penganggaran.

"Jadi roh SIPD itu isinya adalah perencanaan. Kalau tidak ada perencanaan, bagaimana mau menganggarkan. Karena itu, semua perencanaan harus masuk SIPD untuk menjadi pedoman. Semua yang berkaitan EE (elektronik) harus ada di dalam SIPD. Semua terintegrasi," kata Taufan, wali kota berlatar belakang praktisi hukum.

Baca Juga : Kebakaran Terjadi di Perumahan Padat Penduduk Kota Parepare

Taufan juga mengemukakan, leading sector SIPD adalah Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Karena itu pentingnya semua data terintegrasi dalam SIPD. Jadi Taufan berpesan, perkuatan bimtek karena di dalamnya ada penyusunan anggaran menjadi momen tepat bagi para aparat memahami eksistensi TAPD dalam SIPD.

"Ingat kita sudah hampir tujuh tahun bersama. Kurang lima hari lagi 31 Oktober, kita sudah tujuh tahun bersama. Yang pertama kali saya tekankan saat kebersamaan kita adalah tiga prinsip. Taat asas, taat administrasi, taat penganggaran. Itu yang harus kita jaga dengan baik," tandas wali kota dua periode ini.

Hadir dalam pembukaan bimtek, Kepala Bidang Perencanaan Anggaran Daerah Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sulsel, Sakura mewakili kepala BKAD Sulsel. Dari Parepare hadir, Sekda Kota Parepare H Iwan Asaad, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) H Jamaluddin Achmad, jajaran kepala SKPD, pejabat teknis terkait, serta peserta bimtek.

Penulis : Hasrul Nawir
#parepare