Minggu, 29 November 2020 21:31

Menuju Lomba Pasar Sehat dan Aman, Proses Transaksi Pasar Sumpang Minangae Terapkan Sistem Digitalisasi

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
ILUSTRASI
ILUSTRASI

Secara bertahap, pedagang Pasar Sumpang Minangae mengurangi penggunaan uang tunai. Semuanya pembayaran dengan sistem non tunai yaitu melalui Qris.

RAKYATKU.COM,PAREPARE - Dalam rangka mendorong masyarakat bangkit di tengah tatanan kehidupan baru di masa pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Parepare menerapkan kebijakan ekonomi adaptasi masyarakat dari manual menjadi serba digital. Termasuk dalam transaksi.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kota Parepare, Iwan Asaad saat membuka pelatihan UMKM yang digelar Kemenkominfo belum lama ini.

Iwan Asaad menyatakan, pemerintah kota saat ini mulai menerapkan sistem digitalisasi di Pasar Sumpang Minangae Kecamatan Bacukiki Barat. Sampel barang jualan pedagang diperiksa rutin. Sosialisasi kepada para pedagang dan pembeli terkait pasar sehat dan aman juga terus dilakukan.

Baca Juga : IM3 Gelar Konser Collabonation Tout di Kota Parepare. Hibur 8500an Pengunjung

"Sebenarnya sudah mulai dilakukan persiapan, karena ini adalah tugas kolaborasi antara Dinas Kominfo, Dinas Perdagangan, dan pihak perbankan untuk mengajak para penjual memiliki satu penjual satu nomor rekening," jelas Iwan.

"Satu penjual ini memiliki apliksi Qris, dimana para pembeli saat dia datang tidak ada lagi transaksi dalam bentuk tunai. Semuanya sistem digitalisasi," lanjutnya.

Bahkan, kata Iwan, Pemerintah Kota juga menggagas para penjual untuk bekerja sama dengan pengusaha ojek online. Sehingga pengusaha, penjual, dan pembeli dibina tetapi pengelola ojek online juga bisa hidup dari usaha kerja sama yang dimaksud.

Baca Juga : Kebakaran Terjadi di Perumahan Padat Penduduk Kota Parepare

"Itu yang kita lakukan, sampai dengan semua penjual di Pasar Sumpang secara bertahap sudah mulai mengurangi penggunaan uang pembayaran dengan sistem manual. Semuanya pembayaran dengan sistem non tunai yaitu melalui Qris," urainya.

Dari program ini, tambahnya, Pasar Sumpang adalah salah satu pasar di Kota Parepare yang diusulkan pemerintah kota untuk mengikuti lomba pasar sehat dan aman di tingkat Provinsi Sulsel.

"Tetapi kami Pemkot optimis, bahwa sesungguhnya capaian yang telah dipersiapkan oleh Pasar Sumpang itu kami perkirakan bisa malah pada tingkat mewakili Sulsel. Tidak menutup kemungkinan dengan capaian dan raihan prestasi yang selama ini sudah disiapkan telah dicapai oleh Sumpang," katanya.

Baca Juga : Perampok di Parepare Gasak Uang dan Puluhan Karton Rokok, Receiver CCTV Turut Dibawa Kabur

 

Penulis : Hasrul Nawir
#pasar sumpang minangae #parepare