Senin, 23 November 2020 14:40

Debat Publik Kedua Pilkada Makassar, KPU: Sudah Disiapkan Pengamanan Berlapis

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Endang Sari.
Endang Sari.

"Kami berkoordinasi berjenjang mulai dari Polres Metro Jakarta pusat, Polda Metro Jaya, dan juga Mabes Polri. Hasil rakor kami dengan pihak stasiun TV, mereka juga sudah menyiapkan skenario pengamanan berlapis mulai dari personel kepolisian, sekuriti, Tim Gegana, dengan pengamanan sampai radius lima kilometer."

RAKYATKU.COM - Debat publik putaran kedua Pilkada Makassar 2020 akan berlangsung di Jakarta, Selasa malam (24/11/2020).

Komisioner Divisi Partisipasi, Sosialisasi, dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kota Makassar, Endang Sari, mengatakan karena diselenggarakan di tengah pendemi Covid-19, maka tetap akan diterapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Aturan terkait protokol kesehatan kami berpedoman pada PKPU 6, 10, dan 13 tahun 2020 yang mengtur terkait penegakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di semua tahapan pemilihan," kata Endang Sari, Senin (23/11/2020).

Baca Juga : Keluarga Penyelenggara Adhoc yang Meninggal Dapat Santunan Rp36 Juta, Sakit Berat Rp16,5 Juta

Pada debat pertama, sempat terjadi insiden yang dialami oleh salah satu pendukung pasangan calon. Meski tidak mengganggu jalannya debat kandidat, KPU tak ingin kejadian serupa kembali terjadi.

Olehnya itu, kata Endang Sari, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak keamanan. "Antisipasi terkait pengamanan, kami sudah koordinasi sebelumnya dengan pihak Polrestabes Makassar dan Polda sulsel. Kami juga koordinasi berlapis dengan pihak keamanan di Jakarta," bebernya.

 

"Kami berkoordinasi berjenjang mulai dari Polres Metro Jakarta pusat, Polda Metro Jaya, dan juga Mabes Polri. Hasil rakor kami dengan pihak stasiun TV, mereka juga sudah menyiapkan skenario pengamanan berlapis mulai dari personel kepolisian, sekuriti, Tim Gegana, dengan pengamanan sampai radius lima kilometer," tambahnya.

Baca Juga : Bersisa, KPU Makassar Kembalikan Dana Rp18,4 Miliar ke Kas Daerah

Sesuai rencana sebelumnya, dari tiga kali agenda debat kandidat, dua putaran akan diselenggarakan di luar Kota Makassar.

Sementara debat yang terakhir rencana akan dilaksanakan di Makassar jelang hari H pencoblosan.

Tema debat kedua kali ini akan membahas tema reformasi birokrasi, pelayanan publik, penataan kawasan perkotaan, dan ekonomi.

Baca Juga : Evaluasi Pelaksanaan E-Coklit, Anggota KPU RI Berkunjung ke Makassar

Debat akan disiarkan langsung oleh salah satu stasiun TV swasta. Sesuai jadwal, akan berlangsung pukul 20.00-22.30 Wita.

Penulis : Syukur
#Pilkada Makassar 2020 #kpu makassar