Jumat, 18 September 2020 09:24

Dinkes Makassar Lakukan Tes Swab Massal, Sasar Wilayah Episentrum Covid 19

Trio Rimbawan
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kadis Kesehatan Makassar,  Naisya Tun Azikin.
Kadis Kesehatan Makassar, Naisya Tun Azikin.

Sasar wilayah episentrum penularan Covid 19, Dinkes Makassar kembali gencarkan tes swab massal.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR-Sebanyak 2423 warga Makassar antusias mengikuti pemeriksaan tes usap massal di enam kecamatan yang masuk kategori episentrum Covid-19 di Makassar.

Adapun enam kecamatan yang telah melakukan pemeriksaan tes usap antara lain, Kecamatan Rappocini dengan 103 pemeriksaan. Hasilnya 6 warga dinyatakan positif Covid-19.

Kecamatan Biringkanaya sebanyak 185 pemeriksaan tes usap, hasilnya 11 warga dinyatakan positif Covid-19.

Baca Juga : CISDI Bakal Berkolaborasi Pemkot Makassar Perkuat Layanan Kesehatan Primer

Kemudian di Kecamatan Panakukang, ada 335 warga, 5 diantaranya dinyatakan positif Covid-19 meskipun 31 sampel lainnya masih menunggu hasil laboratorium dan Kecamatan Tamalate sebanyak 542 warga yang mengikuti tes, 1 dinyatakan positif Covid-19 sesuai hasil pemeriksaan di mobil PCR.

Selanjutnya, Kecamatan Manggala sebanyak 427 warga yang mengikuti pemeriksaan. Hasilnya pun belum diketahui dan masih dalam pemeriksaan di laboratorium bersama beberapa sampel dari kecamatan lainnya.

Terakhir, Kecamatan Tamalanrea, sekaligus pemeriksaan paling banyak dengan 831 sampel. Sebanyak 32 sampel diperiksa di tes cepat mobil PCR dengan hasil negatif. Sedangkan 799 sisanya diperiksa tes swab biasa.

Baca Juga : HIPMI Kerjasama dengan UNHAS dan Dinkes Kota Makassar Gelar Vaksinasi

“Untuk tes swab biasa hasilnya belum keluar karena akan diperiksa di Laboratorium. Semua belum ada hasilnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin, Jumat 18 September 2020.

Adapun terkait warga yang dinyatakan positif Covid-19, kata Naisyah, akan diarahkan ke Rumah Sakit rujukan Covid-19 untuk diisolasi.

“Kita arahkan untuk isolasi di rumah sakit. Selain itu kita akan tracing keluarganya, siapa yang punya kontak erat, termasuk sekitar rumahnya,” ujarnya.

Baca Juga : Cegah Penularan Covid-19, Kecamatan Sangkarrang Bakal Razia Kartu Vaksin di Dermaga

 

#Dinkes Makassar #covid 19