Kamis, 19 November 2020 09:01

Taufan Pawe Usul Pasien yang Menumpuk di Makassar Bisa Dirujuk ke RS Hasri Ainun Habibie

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Taufan Pawe
Taufan Pawe

RS Hasri Ainun Habibie beroperasi, Senin (16/11/2020) setelah sempat tertunda akibat adanya pandemi Covid-19. Pada pekan pertamanya, rumah sakit dengan 12 poliklinik ini baru melayani rawat jalan.

RAKYATKU.COM,PAREPARE - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe berencana membuat Rumah Sakit Regional Hasri Ainun Habibie (HAH) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Parepare bekerja sama dalam menunjang sarana dan prasarana.

Mengingat pada Desember tahun ini, RSUD Andi Makkasau bakal memiliki Magnetic Resonansi Imaging (MRI). Sehingga, pasien yang membutuhkan tindakan MRI, tidak perlu lagi dirujuk ke Kota Makassar karena bisa dilakukan di Kota Parepare.

"Bila ke depannya RS Hasri Ainun Habibie ini butuh sarana penunjang, kita akan kerja sama dengan RSUD Andi Makkasau. Tahun ini atau Desember nanti kita sudah punya MRI, jadi bukan hanya CT-scan lagi," kata Taufan Pawe usai rapat paripurna di DPRD, Rabu (18/11/2020).

Baca Juga : Kunjungi Pasien Gizi Buruk di RS Ainun, Pj Walikota Parepare Minta Beri Perhatian Khusus

Untuk itu wali kota Parepare dua periode ini berharap ada kebijakan khusus. Pasien rumah sakit daerah di Kota Makassar bisa dirujuk ke RS Hasri Ainun Habibie.

Hal tersebut telah disampaikan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah saat berkunjung ke Kota Parepare belum lama ini.

"Kalau RS Ainun Habibie sudah siap dari segala hal, saya minta kepada Pak Gub, bisa tidak pasien yang menumpuk di RS Sayang Rakyat atau RS Daya dirujuk ke Parepare untuk dilakukan tindakan medis pembedahan dan segala macam lainnya," kata Taufan Pawe.

Baca Juga : IM3 Gelar Konser Collabonation Tout di Kota Parepare. Hibur 8500an Pengunjung

Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini juga mengapresiasi Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah yang menjadikan RS Hasri Aiun Habibie sebagai program unggulannya. Sehingga biaya operasi rumah sakit berkonsep Medical Tourism ini telah diprioritaskan menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi dan pemerintah daerah.

"Ini disambut baik oleh Pak Gubernur. Bahkan Pak Gub sudah menyiapkan anggaran untuk biaya operasional RS Hasri Ainun Habibie dan bekerja sama dengan pemerintah daerah sambil menunggu kerja sama dengan BPJS," jelasnya.

RS Hasri Ainun Habibie kembali beroperasi, Senin (16/11/2020) setelah sempat tertunda akibat adanya pandemi Covid-19. Pada pekan pertamanya, rumah sakit dengan 12 poliklinik ini baru melayani rawat jalan. Selanjutnya, layanan IGD dan rawat inap dibuka.

Baca Juga : Kebakaran Terjadi di Perumahan Padat Penduduk Kota Parepare

"Terkait persiapan-persiapan SDM sudah sangat luar biasa. Dokter-dokter spesialis kita sangat luar biasa dan tidak ada sedikitpun keraguan," ujar Taufan Pawe.

 

Penulis : Hasrul Nawir
#RS Hasri Ainun Habibie #parepare