Sabtu, 14 November 2020 22:03

Dikira Sudah Punah, Harimau Hitam Muncul Lagi di India

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Soumen Bajpayee.
Foto: Soumen Bajpayee.

Harimau itu memiliki belang hitam yang lebih pekat dan dominan ketimbang rambut oranyenya.

RAKYATKU.COM - Harimau hitam yang sempat dikira sudah punah itu kembali muncul di India.

Masyarakat Odisha, India, dibuat heboh dengan foto yang menunjukkan harimau hitam ternyata masih hidup.

Momen kehadiran harimau hitam itu berhasil tertangkap kamera fotografer amatir, Soumen Bajpayee.

Baca Juga : 

Meskipun viral beberapa hari terakhir, foto itu ternyata sudah diambil pada Februari 2019 di Suaka Nandakanan. Dalam foto itu terlihat sang harimau melanistik tengah berjalan dan duduk dengan santai.

Harimau hitam berbeda dengan harimau Benggala yang selama ini dikenal hidup di India.

Harimau itu memiliki belang hitam yang lebih pekat dan dominan ketimbang rambut oranyenya.

 

Dilansir dari NDTV, Sabtu (14/11/2020), Bajpayee yang merupakan penduduk asli Panskura di Benggala Barat mulanya hanya mengamati burung di Nandankanan. Namun tiba-tiba harimau tersebut muncul.

"Saat saya melihat berbagai burung dan monyet di pepohonan, saya tiba-tiba melihat sesuatu yang tampak seperti harimau tetapi tidak seperti harimau biasanya," kata Bajpayee.

Dia pun dengan sigap mengeluarkan kamera digitalnya dan membidik momen langka tersebut. Pria berusia 27 tahun itu bahkan takjub sebab baru pertama kali melihat harimau hitam.

"Dulu aku tidak tahu apa-apa tentang harimau melanistik. Tiba-tiba ia muncul dari hutan, diam beberapa detik dan berjalan kembali ke pepohonan," ujar Bajpayee.

Harimau hitam pertama kali dilaporkan berada di Cagar Alam Harimau Simlipal di Odisha pada 1993. Lama tak terlihat, kehadiran harimau ini kembali dilaporkan pada 2007.

Bajpayee mengatakan Nandankan adalah suaka pertama yang menampilkan harimau melanistik. Namun tetap saja, untuk bertemu harimau itu bukan perkara mudah sebab jumlahnya hanya satu atau dua.

"Saya sangat bersyukur bisa melihatnya sendiri meski pun begitu. selama beberapa detik," kata Bajpayee.

Berdasarkan data yang dihimpun dari CCTV yang digunakan untuk mengamati harimau, hanya ada 6-7 harimau melanistik yang tersisa di India. Dan semua harimau hitam itu hanya dapat ditemukan di Odisha.

#India #Harimau HItam