Selasa, 31 Januari 2023 14:45

India Kini Negara Berpenduduk Terbanyak di Dunia, Hampir Separuh Berusia di Bawah 25 Tahun

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Sementara penduduk Cina menurun dan menua, hampir separuh penduduk di India berusia di bawah 25 tahun.

RAKYATKU.COM, NEW DELHI - India kini menggeser Cina sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia. Para ahli mengatakan hal itu setelah Cina yang selama seabad jadi negara berpenduduk terbanyak melaporkan populasinya menyusut.

"Itu tidak terduga. Kami tahu (jumlah penduduk) India akan benar-benar melampaui China pada 2027, tetapi karena percepatan penurunan penduduk di Cina, maka itu terjadi lebih cepat," Direktur Eksekutif Yayasan Kependudukan India, Poonan Muttreja, dikutip dari VOA Indonesia, Selasa (31/1/2023).

Kedua negara itu masing-masing berpenduduk sekitar 1,4 miliar orang. Namun, India melampaui Cina tidak hanya angka, tetapi perubahan demografi. Sementara penduduk Cina menurun dan menua, hampir separuh penduduk di India berusia di bawah 25 tahun.

Baca Juga : Pengakuan Korban Selamat Tabrakan Kereta di India: Saya Lihat Orang Kehilangan Tangan, Kehilangan Kaki

Orang-orang muda ini berpotensi menjadi pasar yang besar, yang akan menarik investasi dunia dan terkumpulnya bakat ketika penduduk di banyak negara mulai menua.

"Kami adalah pasar besar dari sisi konsumsi juga merupakan pemasok tenaga terlatih terbesar," ujar mantan Komisi Pemilu dan Penulis The Population Myth, S.Y. Quraishi.

Namun, jumlahnya juga menakutkan. Populasi usia kerja India akan mencapai angka miliaran sebelum akhir dasawarsa ini. Itu mencemaskan banyak pemuda di negara yang berjuang dengan tingkat pengangguran tinggi.

Baca Juga : Terus Bertambah, Korban Tewas Tabrakan Kereta Api di India 233 Orang

"Makin banyak orang, lapangan pekerjaan akan berkurang dan makin banyak persaingan, jadi tidak mudah untuk mendapat pekerjaan," ucap seorang mahasiswa, Anmol Jain.

Untuk mencapai potensi itu, para ahli menekankan perlunya pembuat kebijakan untuk meningkatkan akses ke pendidikan berkualitas. Hanya sekitar 5 persen tenaga kerja di India yang menjalani pelatihan resmi keterampilan.

India hanya punya kesempatan sempit untuk meraup keuntungan ekonomi dari populasi mudanya meski akan terus tumbuh selama sekitar 30 tahun.

Baca Juga : Tabrakan Kereta Api di India, 207 Orang Tewas-900 Luka-Luka

Perempuan mulai mempunyai lebih sedikit anak karena akses ke pendidikan meningkat dan pendapatan bertambah. Itu berarti bahwa populasi India seperti Cina, akan mulai menua lebih cepat.

Sumber: VOA Indonesia

#India #Cina #Negara Penduduk Terbanyak Dunia