Jumat, 13 November 2020 22:01

Terima DID Rp55 Miliar dan Terbesar di Sulsel, Taufan Pawe Gunakan Bangun Masjid Terapung Termegah

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Taufan Pawe
Taufan Pawe

Dari total Rp55 miliar DID yang diperoleh, sebanyak Rp30 miliar digunakan untuk membangun masjid terapung termegah di Sulsel.

RAKYATKU.COM,PAREPARE -- Pemerintah Kota Parepare berhasil mendapatkan reward berupa Dana Insentif Daerah (DID) dari pemerintah pusat atas capaian prestasi yang dilakukan.

DID sebesar Rp55 miliar yang diterima ini merupakan nominal DID terbesar di Provinsi Sulawesi Selatan.

“Sepanjang sejarah, ini untuk pertama kalinya Kota Parepare mendapatkan DID terbesar di Sulsel dari 24 kabupaten/kota,” ujar Jamaluddin Achmad, kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Parepare.

Baca Juga : IM3 Gelar Konser Collabonation Tout di Kota Parepare. Hibur 8500an Pengunjung

Reward tersebut, lanjut Jamaluddin, merupakan buah kerja keras dan komitmen Pemkot di bawah nakhoda Wali Kota Parepare, Taufan Pawe yang telah mempersembahkan ratusan pengakuan.

Salah satunya tata kelola keuangan yang akuntabel dari disclaimer sebagai warisan pemerintahan sebelumnya hingga mengantar Parepare meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) empat kali berturut-turut.

“DID itu dana yang diberikan pemerintah pusat terkait dengan capaian-capaian pemerintah kota terhadap beberapa hal. Misalnya, inovasi-inovasi dan paling utama sudah dapat WTP. Jadi pemerintah kota atau kabupaten tidak bisa dapat DID jika tidak WTP. Sebenarnya banyak sekali tolak ukur untuk mendapatkan DID dan alhamdulillah sejak kepemimpinan Bapak Taufan Pawe, Parepare sudah sekian kali mendapatkan DID dan kali ini terbesar di Sulsel, yakni Rp55 miliar,” ungkap Jamal.

Baca Juga : Kebakaran Terjadi di Perumahan Padat Penduduk Kota Parepare

Reward DID yang diterima Pemerintah Kota Parepare pun digunakan secara bijak dalam membangun sejumlah infrastruktur yang berdampak pada kesejahteraan rakyat.

“DID Rp 55 miliar ini telah dialokasikan Rp30 miliar oleh Bapak Wali Kota untuk membangun masjid terapung termegah di Sulsel,” terangnya.

Kehadiran masjid tersebut untuk memperkuat identitas kota Parepare sebagai kota santri dan ulama.

“Juga sebagai magnet sehingga teori telapak kaki Pak Wali terwujud. Implikasinya adalah terwujudnya Kota Industri Tanpa Cerobong Asap yang menjadi visi misi beliau sehingga berdampak pada masyarakat karena adanya sumber ekonomi baru,” imbuh Jamal.

Baca Juga : Perampok di Parepare Gasak Uang dan Puluhan Karton Rokok, Receiver CCTV Turut Dibawa Kabur

“Percayalah, segala sesuatu yang kita lakukan dengan terukur akan membuahkan hasil. Sejak saya dilantik, saya selalu tanamkan kepada jajaran saya untuk memegang teguh prinsip taat asas, taat anggaran dan taat administrasi dalam pengelolaan keuangan. Alhamdulillah yang kita lakukan itu telah kita petik hasilnya berupa pengakuan dan reward dari pemerintah pusat. Kita berharap hal baik seperti ini terus dipertahankan, karena saya ingin Parepare terus menjadi role model di segala bidang,” ucap Taufan Pawe.

Penulis : Hasrul Nawir
#parepare