Senin, 09 November 2020 18:04

Kucing Lucu Gli Penghuni Hagia Sophia Mati

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gli, kucing penunggu Hagia Sophia (Instagram/hagiasophiacat)
Gli, kucing penunggu Hagia Sophia (Instagram/hagiasophiacat)

Berita duka datang dari masjid Hagia Sophia di Istanbul, Turki. Kucing lucu bernama Gli yang menghuni Hagia Sophia telah menghembuskan napasnya yang terakhir.

RAKYATKU.COM - Berita duka datang dari masjid Hagia Sophia di Istanbul, Turki. Kucing lucu bernama Gli yang menghuni Hagia Sophia telah menghembuskan napasnya yang terakhir.

Kabar duka ini disampaikan oleh Gubernur Istanbul, Ali Yerlikaya lewat akun Twitternya. Ali menyebut Gli mati setelah dirawat sejak 24 September 2020.

"Kucing Hagia Sophia Gli, yang telah dirawat di klinik hewan swasta di Levent sejak 24 September, sayangnya mati karena usianya yang sudah tua. Kami tidak akan pernah melupakanmu Gli," cuit Ali dikutip dari indozone.id.

Baca Juga : 

Gli diketahui sudah mulai sakit sejak pertengahan September 2020. Dia sempat mendapatkan perawatan selama satu minggu, sebelum kembali ke Hagia Sophia.

Gli lalu diberikan ruang khusus agar tidak stres berada di tengah keramaian. Sayangnya, Gli makin melemah, meskipun dia masih mau makan.

Di hari-hari terakhirnya, Gli hanya berbaring lemah dan merespons lunglai sentuhan perawatnya dengan menggoyangkan ekor atau menggerakkan kepala.

 

Kepergian Gli tak ayal membuat banyak netizen ikut berduka. Mereka mengucapkan salam perpisahan untuk Gli di akun Instagramnya, @hagiasophiacat.

Gli bisa dibilang merupakan penghuni tetap Hagia Sophia. Dia sudah berada di bangunan tersebut semenjak masih berstatus museum, hingga akhirnya berubah menjadi masjid.

Induknya bernama Sofi dan dia punya saudara bernama Pati dan Kizim. Nama Gli diberikan oleh restorator bernama Bilgen Deveci.

Nama aslinya sebenarnya Gri, yang artinya abu-abu. Tapi, kemudian diubah menjadi Gli karena dinilai lebih cocok dengan sosoknya yang menggemaskan.

Kucing berwarna abu-abu ini pun menjadi favorit pengunjung Hagia Sophia. Dia bahkan pernah dibelai oleh Barack Obama di tahun 2009.

"Saya lahir di Hagia Sophia, Jantung Dunia. Saya baru saja mengucapkan selamat tinggal pada kehidupan ini di mana saya bertemu jutaan orang yang datang ke Jantung Dunia dengan cinta dan menjadi cermin dari cahaya cinta," tulis akun Gli usai kematian kucing tersebut.

"Terima kasih untuk semua orang yang memiliki jejak kaki saya di hati mereka," tambahnya.

#viral