Rabu, 04 November 2020 22:02

Terbesar Sepanjang Sejarah Sri Lanka, AL dan dan Relawan Selamatkan 100 Paus Terdampar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: EPA.
Foto: EPA.

Kantor Berita Prancis melaporkan Otoritas Perlindungan Lingkungan Laut Sri Lanka mengonfirmasi ini peristiwa terbesar paus-paus itu terdampar di Sri Lanka.

RAKYATKU.COM - Angkatan Laut Sri Lanka, Selasa (3/11/2020), menyelamatkan lebih dari 100 paus pilot sirip pendek yang terdampar di pesisir barat daya negara itu.

Sekelompok paus pilot itu terdampar ke pantai Panadura, sekitar 25 kilometer selatan Kolombo. Angkatan laut, tim penyelamat pantai Sri Lanka, unit penyelamat polisi, relawan, penjaga pantai dan penduduk ikut dalam misi penyelamatan.

Beberapa penduduk desa bergabung dengan angkatan laut dan penjaga pantai, mengarungi ombak untuk mendorong paus-paus kecil itu kembali ke air.
Jet-jet ski yang disediakan oleh klub olahraga air setempat juga digunakan untuk menarik paus kembali ke laut.

Baca Juga : Terpilih Jadi Presiden Sri Lanka, Berikut Rekam Jejak Karir Politik Ranil Wickremesinghe

Tim-tim penyelamat berhasil memindahkan setidaknya 100 paus kembali ke laut. Setidaknya dua paus yang terluka, mati dan dikuburkan.

Kantor Berita Prancis melaporkan Otoritas Perlindungan Lingkungan Laut Sri Lanka mengonfirmasi ini peristiwa terbesar paus-paus itu terdampar di Sri Lanka.

Pejabat-pejabat bersiap menghadapi kematian massal seperti terjadi Tasmania, Australia, September lalu, ketika sekitar 470 paus pilot terdampar dan hanya sekitar 110 yang dapat diselamatkan setelah beberapa hari upaya penyelamatan.

Baca Juga : Presiden Sri Lanka Dikabarkan Kabur ke Singapura

Paus pilot - sebenarnya spesies lumba-lumba besar yang bisa tumbuh hingga enam meter dan berat satu ton – adalah makhluk yang selalu bersama-sama.

Penyebab mereka terdampar secara massal masih belum diketahui, meskipun telah dipelajari selama puluhan tahun oleh para ilmuwan. Sebagian ilmuwan percaya sifat sosial spesies itu yang ekstrim akan mendorong seluruh kelompok paus itu membantu satu paus yang kesulitan.

Sumber: VOA Indonesia

#Paus Terdampar #Sri Lanka