Sabtu, 31 Oktober 2020 15:02

Pjs Bupati Gowa Dialog dengan KNPI: Pendidikan Kunci Kemajuan Bangsa

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pjs Bupati Gowa Dialog dengan KNPI: Pendidikan Kunci Kemajuan Bangsa

Paradigma pembangunan tidak hanya diukur pada fisik dengan indikator ekonomi. Tetapi salah satu ukuran pembangunan juga dilihat dari indeks pembangunan manusia (IPM).

GOWA - Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Gowa, Andi Aslam Patonangi membuka acara dialog pemuda dalam rangka Hari Sumpah Pemuda yang digelar Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Gowa di Cafe Mario Sungguminasa, Jumat (30/10).

Dalam sambutannya, Aslam Patonangi mengapresiasi dialog yang mengangkat tema "Kualitas Pendidikan Penerus Bangsa Ditengah Pandemi Covid-19". Menurut Aslam, pendidikan merupakan salah satu kunci kemajuan suatu bangsa.

"Pendidikan bagian dari investasi sumbar daya manusia. Tidak ada negara yang maju kalau kebijakan di negara tersebut tidak mau berinvestasi dalam pengembangan sumber daya manusia tersebut yaitu di bidang pendidikan," kata Aslam.

Baca Juga : 

Lanjut Aslam Patonangi, paradigma pembangunan saat ini juga sudah mulai berubah. Dirinya menyebutkan bahwa paradigma pembangunan tidak hanya diukur pada fisik dengan indikator ekonomi tetapi salah satu ukuran pembangunan juga dilihat dari indeks pembangunan manusia (IPM).

Asisten Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Sulawesi Selatan ini berharap meskipun di tengah pandemi Covid-19, pendidikan harus tetap jalan. Dirinya menyebutkan bahwa bahwa pendidikan di Kabupaten Gowa saat ini tetap berjalan walaupun masih dalam jaringan (daring).

"Untuk sementara kita belum buka metode di kelas. Kita masih gunakan yang di dalam jaringan. Tapi untuk di luar jaringan, Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa akan menschedulekan. Dengan strategi tersebut kita tidak terlalu ragu dengan kualitas pendidikan kita," ujarnya.

 

Meskipun belum dilakukan secara tatap muka di kelas. Namun Aslam menambahkan bahwa dengan daring ini dan di era industri 4.0 semakin memudahkan untuk mengakses sejumlah pengetahuan melalui internet.

"Apa yang tidak bisa kita lakukan sekarang, buku-buku bisa download. Bahkan buku teks yang dipakai di universitas terkenal di dunia seperti Cambridge kita bisa download e-book nya," tambahnya.

Sebelumnya, Ketua DPD KNPI Gowa, Usman Baddu mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya dialog publik ini dalam rangka Hari Sumpah Pemuda untuk silaturahmi dengan para Ketua OKP DPK KNPI kecamatan serta mahasiswa.

Usman Baddu menambahkan kegiatan ini juga sebagai upaya KNPI Kabupaten Gowa untuk mendialogkan pentingnya pemahaman dan pencerahan kepada pemuda dan seluruh murid, siswa dan mahasiswa bahwa walaupun ditengah pandemi Covid-19 Pendidikan harus jalan terus dengan menggunakan Teknologi.

"Suka atau tidak suka kita akan hadapi. Oleh karena itu tantangan ini harus kita persiapkan dengan matang dan mempersiapkan diri dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Apalagi Asean Economic Community atau Masyarakat ekonomi Asean," ujarnya.

Ia juga berharap agar para pengajar maupun pendidik di Gowa lebih meningkatkan kualitasnya dalam menghadapi era teknologi agar siswanya juga makin berkualitas.

Turut hadir sebagai narasumber, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Gowa, Dr Salam dan Anggota DPRD Gowa yang juga Ketua Komisi IV, Ramli Siddik Dg Rewa.

#Pemkab Gowa