Rabu, 28 Oktober 2020 23:59

Puluhan Cacing Hidup Dikeluarkan dari Mata Kakek 60 Tahun

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi Cacing Nematoda Yang Dikeluarkan Dari Kelopak Mata Seorang Kakek Berusia 60 Tahun (Foto: Newsflash/Daily Star)
Ilustrasi Cacing Nematoda Yang Dikeluarkan Dari Kelopak Mata Seorang Kakek Berusia 60 Tahun (Foto: Newsflash/Daily Star)

Pasien berusia 60 tahun yang dikenal dengan nama Wan itu mengatakan, pertama kali merasakan seperti ada benda asing di matanya selama beberapa bulan yang lalu.

RAKYATKU.COM - Seorang kakek berusia 60 tahun di Kota Suzhou Provinsi Jiangsu, China Timur, merasakan keanehan di kelopak matanya beberapa bulan lalu.

Namun ia membiarkannya tanpa perawatan medis, hingga akhirnya seorang dokter menemukan setidaknya ada 20 cacing gelang bersemayam di bawah kelopak mata sang kakek.

Sebuah video beredar dari seorang dokter yang berhasil mengeluarkan 20 cacing hidup dari mata seorang pria tua.

Baca Juga : 

Pasien berusia 60 tahun yang dikenal dengan nama Wan itu mengatakan, pertama kali merasakan seperti ada benda asing di matanya selama beberapa bulan yang lalu.

Tetapi ia hanya beranggapan hal itu disebabkan karena kelelahan. Sehingga ia memutuskan tidak mengobatinya.

Dilansir dari dream.co.id, kakek Wan yang berasal dari Kota Suzhou di Provinsi Jiangsu, China Timur itu mulai merasakan sakit di matanya semakin parah. Ia akhirnya di bawa ke rumah sakit Kota Suzhou untuk pemeriksaan medis secara menyeluruh.

 

Kemudian dokter Xi Ting melakukan identifikasi dan menemukan sekelompok cacing kecil tersangkut di bawah kelopak mata kanan sang kakek.

Video yang diambil oleh staf medis itu menunjukkan dokter Xi menarik satu per satu cacing yang panjang dan menggeliat dari kelopak mata pasien. Lalu dokter Xi menempatkan cacing itu di sebuah wadah bening.

Tampaklah cacing itu menggeliat di wadah bening yang berisi air. Satu per satu dokter Xi mengambil cacing itu dari kelopak mata Kakek Wan.

Dokter Xi setidaknya mengeluarkan 20 cacing gelang putih dengan bentuk yang ramping atau dikenal dengan nama Nematoda.

Cacing ini dikenal sebagai cacing parasit yang biasanya hidup di kantung konjungtiva dan saluran air mata anjing, kucing dan hewan lainnya.

Menurut dokter Xi, larva nematoda membutuhkan waktu sekitar 15 hingga 20 hari untuk berkembang menjadi cacing.

Sementara itu Kakek Wan mengaku dia tidak memiliki hewan peliharaan di rumahnya. Justru ia mengatakan dirinya aktif berolahraga di luar rumah dan mungkin pada saat itulah ia bersentuhan dengan hewan.

Dokter Xi mengingatkan kepada para pemilik hewan supaya berhati-hati dalam menjaga kebersihan hewan peliharaan. Sebab parasit seperti cacing nematoda dapat menular dari hewan peliharaan ke manusia.

Ia juga menyarankan pasien yang mengalami gejala seperti penglihatan kabur atau merasa tidak nyaman, untuk segera mencari bantuan medis.

Tahun lalu ditemukan seorang pemilik anjing juga terpaksa menjalani operasi untuk menghilangkan tiga cacing dari matanya.

Di lain tempat, seorang dokter harus mengeluarkan sobekan kertas dari mata seorang gadis muda setelah temannya memaksa memasukkannya.

#viral #Unik #aneh