Selasa, 27 Oktober 2020 12:02

Pelatihan Kerja Tuntas ala Appi-Rahman; Tak Hanya Sertifikat, Peserta Juga Bawa Pulang Alat Usaha

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pelatihan Kerja Tuntas ala Appi-Rahman; Tak Hanya Sertifikat, Peserta Juga Bawa Pulang Alat Usaha

"Setelah ikut pelatihan, mereka harus pulang dengan bawa mesin jahit misalnya. Anak-anak kita yang ikut pelatihan perbengkelan setelah pelatihan harus pulang bawa kunci-kunci atau perkakas bengkel supaya bisa langsung kerja."

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Program pelatihan kerja tuntas dari calon wali kota Makassar, Munafri Arifuddin, mendapat sambutan positif dari warga di Jalan Abd Kadir 2 RT 03 RW 05 Kelurahan Balang Baru, Kecamatan Tamalate. Mereka antusias mengetahui secara jelas program itu.

Appi, panggilan akrabnya, pun bersemangat menjelaskan programnya tersebut saat melakukan kunjungan kampanye dan berdialog dengan warga di lokasi padat penduduk itu, Senin (26/10/2020).

Menurut dia, selama ini program pelatihan kerja hanya sampai pada tahapan pelatihan hingga mendapat sertifikat.

Baca Juga : 

"Setelah itu pulang bawa sertifikat semisal habis latihan menjahit, tapi tidak bisa langsung action karena tidak ada mesin jahitnya misalnya," katanya.

Nah, inilah yang akan diperbaiki saat Appi nantinya terpilih sebagai wali kota Makassar melalui program pelatihan kerja tuntas.

 

Yang ia maksud program pelatihan kerja tuntas ini yaitu, setiap warga yang terdata dan berhak mengikuti program tersebut tak hanya mendapat pelatihan dan sertifikat semata.

"Tapi setelah ikut pelatihan mereka harus pulang dengan bawa mesin jahit misalnya, anak-anak kita yang ikut pelatihan perbengkelan setelah pelatihan harus pulang bawa kunci-kunci atau perkakas bengkel supaya bisa langsung kerja," paparnya.

Lebih lanjut Appi menerangkan bahwa program pelatihan kerja tuntas ini untuk tahap awal akan diperuntukkan bagi 10 ribu tenaga kerja siap pakai.

Langkah ini diambil oleh cawali nomor urut 2 ini sebagai upaya mendorong perekonomian warga yang tengah dalam kondisi sulit akibat pandemi Covid-19.

"Ini kondisi serba sulit sekarang, kondisinya luar biasa makanya dibutuhkan pula kebijakan yang luar biasa. Tidak boleh yang hanya biasa-biasa saja," tegasnya.

Program yang disampaikan Appi ini pun membuat warga Jalan Abd Kadir 2 semakin yakin atas komitmen dan niatannya memajukan kota Makassar.

Salah satu tokoh masyarakat Jl Abd Kadir, Rahmawati Dg Tonji, mengatakan yang disampaikan Appi ini berkaitan langsung dengan kebutuhan warga di lokasi itu.

Pertama ia menerangkan, warga Jl Abd Kadir mayoritas bekerja sebagai buruh harian lepas.

"Tidak menentu pendapatannya, apalagi ini susah kerjaan sekarang. Jadi kalau itu diterapkan programnya bisaki bantu warga di sini buka pekerjaan sendiri," tuturnya.

Rahmawati pun mengajak warga lainnya untuk sama-sama berjuang memenangkan Appi-Rahman di Kelurahan Balang Baru khususnya di Jl Abd Kadir.

"Insyaallah Pak, kita semua doakan yang terbaik untuk Pak Appi. Warga di sini mau perubahan, jadi nassami berua baji nomor dua," tegasnya.

#appi-rahman #Pilkada Makassar