Senin, 26 Oktober 2020 18:01

Wagub Sulsel Harap Wali Kota Makassar Terpilih Beri Perhatian Khusus Warga Pulau

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman
Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

Banyak catatan penting yang menjadi perhatian di Kota Makassar. Hal ini pun harus menjadi tugas penting bagi calon Walikota Makassar untuk merealisasikan itu.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Banyak catatan penting yang menjadi perhatian di Kota Makassar. Hal ini pun harus menjadi tugas penting bagi calon Walikota Makassar untuk merealisasikan itu.

Diketahui, pada Desember 2020 mendatang akan dilangsungkan Pilkada serentak, salah satunya untuk pemilihan Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Makassar.

Catatan penting untuk Kota Makassar, mulai dari segi infrastruktur bagi warga kepulauan, hingga persoalan pendidikan karakter anak.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Lantik Pejabat Administrasi dan Pengawas Lingkup Pemprov Sulsel

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman meminta, bahwa calon Walikota Makassar nantinya perlu menghadirkan solusi-solusi yang dibutuhkan terlebih bertujuan untuk masyarakat banyak.

"Kita sudah paham bersama permasalahan kota Makassar. Ini sudah jadi rahasia umum. Jika ditanya apa solusi dibutuhkan untuk Makassar," ujarnya.

Beberapa persoalan itu di wilayah kepulauan, kata dia, seperti listrik, air minum, dan akses jalan. Wilayah kepulauan itu, diantaranya Pulau Lakkang, Samalona, Lae-Lae dan wilayah kepulauan lainnya di Makassar.

Baca Juga : Serah Terima Jabatan Komandan Lantamal VI Makassar Dihadiri Penjabat Gubernur Sulsel

"UPTD harus dibuat khusus memastikan listrik stabil dengan jaringan kabel bawah laut atau listrik bawah laut (submarine power cable installation) untuk wilayah kepulauan. Memperhatikan persoalan diseminasi teknologi Arsinum (Air Siap Minum), teknologi ini mampu mengubah air payau menjadi air siap minum," jelasnya.

Dirinya pun menyarankan, adanya dibangun akses untuk ruas jalan Tello-Pulau Lakkang sekitar 5 km. Sekaligus penangkal banjir untuk Tello Baru sab Jalan Inspeksi Kanal Tallo.

Ia pun menyampaikan, bahwa Walikota terpilih perlu menyiapkan solusi untuk mengatasi masalah banjir di beberapa titik di Kota Makassar. "Perlu dibuat pompa dan perpipaan anti banjir diseluruh titik langganan banjir menuju kanal disertai pintu air, seperti di Antang, Kec. Wajo dll. Juga untuk mapping peta (pemetaan) saluran drainase dan rehab tuntas untuk sistem drainase," paparnya.

Baca Juga : Penjabat Gubernur dan Kapolda Ziarah ke Makam Raja-Raja di Jera Lompoe Soppeng

Andi Sudirman menyarankan agar dibuatkan green investasi untuk sistem persampahan menjadi energi.

"Dibutuhkan pula program untuk pelayanan dokter keliling, bedah rumah kumuh. Serta persoalan pendidikan karakter akhlak generasi perkotaan," pintanya.

Penulis : Irmawati Azis
#Pemprov Sulsel