Senin, 26 Oktober 2020 23:58

Nanti Akhir 2023 Seluruh Penduduk Dunia Bisa Mendapat Vaksin Covid-19

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi
Ilustrasi

Analisis pengembangan dan peningkatan produksi vaksin Covid-19 yang ada menunjukkan, dosis vaksin bisa menjangkau seluruh masyarakat global kemungkinan sampai September 2023, menurut temuan Pusat Perkembangan Global (CDG).

RAKYATKU.COM - Analisis pengembangan dan peningkatan produksi vaksin Covid-19 yang ada menunjukkan, dosis vaksin bisa menjangkau seluruh masyarakat global kemungkinan sampai September 2023, menurut temuan Pusat Perkembangan Global (CDG).

CDG merilis laporan awal bulan ini yang menggunakan proyeksi model untuk menganalisis kemungkinan keberhasilan pengembangan dan produksi vaksin.

Menurut para ahli, kemungkinan regulator menyetujui setidaknya satu vaksin pada akhir tahun saat ini kurang dari 2 persen. Kemungkinan adanya vaksin meningkat menjadi 50 persen pada akhir April 2021 dan 85 persen pada akhir 2022, dan 98 persen pada akhir 2022.

Baca Juga : Gebyar Vaksin Covid-19, Pemkab Gowa Siapkan Doorprize Puluhan Sepeda Motor

“Berdasarkan portofolio Operation Warp Speed dan CEPI per September 2020, model tersebut memprediksi 78 persen kemungkinan bahwa setidaknya satu dari vaksin yang didanai Operation Warp Speed akan berhasil dan 67 persen kemungkinan bahwa setidaknya satu dari vaksin yang didanai CEPI akan berhasil," jelas laporan CDG, dilansir dari Alarabiya, Minggu (25/10).

“Model tersebut memprediksi kemungkinan kurang dari 1 persen bahwa tidak ada vaksin yang disetujui dari portofolio global saat ini, berdasarkan masukan yang kami peroleh dari wawancara ahli. Namun, jika kita menggunakan masukan yang lebih pesimistis dari para ahli, ini meningkat menjadi hampir 20 persen," tambah laporan yang ditulis oleh beberapa ahli itu.

Laporan tersebut mengatakan bahwa para ahli tidak berharap bahwa vaksin generasi pertama akan mengurangi risiko infeksi individu yang cukup untuk menimbulkan kekebalan kawanan dan mengakhiri pandemi.

Baca Juga : Pria Ini Divaksinasi 90 Kali demi Jual Kartu Vaksin Palsu

“Langkah-langkah kesehatan masyarakat lainnya harus dilanjutkan. Pakar kami percaya bahwa vaksin berikutnya mungkin akan lebih manjur daripada yang sebelumnya," tulis para ahli.

Baru-baru ini, Johnson & Johnson mengatakan pihaknya ingin melanjutkan kembali uji coba di AS pada Senin atau Selasa dan tetap berada di jalur yang tepat untuk menghasilkan data dari uji coba keefektifan vaksin pada akhir 2020 atau awal 2021, kata kepala petugas ilmiah Johnson & Johnson, Paul Stoffels.

AstraZeneca, salah satu pengembang vaksin terkemuka, menghentikan uji coba di AS pada 6 September setelah laporan penyakit saraf yang serius, yang diyakini sebagai myelitis transversal, pada peserta uji coba perusahaan tersebut di Inggris.

Baca Juga : Kemenkes Angkat Bicara Soal Dosis Keempat dan Suntik Vaksin COVID-19 Tiap Tahun

Johnson & Johnson menghentikan uji coba tahap akhir skala besar pekan lalu setelah seorang peserta penelitian jatuh sakit. AstraZeneca melanjutkan uji coba pada Jumat.

sumber: merdeka.com

#Vaksin Covid-19