Minggu, 25 Oktober 2020 11:04

4 Perusahaan Luar Negeri Bakal Pasok Vaksin Covid-19 ke Indonesia

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi
Ilustrasi

Sinovac Biotech Ltd. merupakan perusahaan biofarmasi yang berfokus pada riset, pengembangan, pembuatan dan komersialisasi vaksin-vaksin. Salah satu vaksin yang tengah dikembangkan perusahaan asal China ini adalah vaksin Covid-19 yang tengah berada di fase uji tahap akhir

RAKYATKU.COM - Indonesia tengah menunggu kehadiran vaksin Covid-19 yang efektif. Beberapa di antaranya merupakan vaksin luar negeri yang direkomendasikan oleh WHO.

1. Sinovac
Sinovac Biotech Ltd. merupakan perusahaan biofarmasi yang berfokus pada riset, pengembangan, pembuatan dan komersialisasi vaksin-vaksin. Salah satu vaksin yang tengah dikembangkan perusahaan asal China ini adalah vaksin Covid-19 yang tengah berada di fase uji tahap akhir dikutip dari republika.co.id.

2. Sinopharm/G42
Perusahaan biofarmasi asal China ini juga tengah mengembangkan vaksin Covid-19 yang memasuki tahap akhir. G42/Sinopharm melakukan uji klinis tahap ke-3 di China, Uni Emirat Arab (UEA), Peru, Moroko dan Argentina.

Baca Juga : 

3. Cansino
CanSino Biologics adalah perusahaan vaksin China yang pengembangan vaksinnya termasuk direkomendasikan oleh WHo. Hingga saat ini, Cansino melakukan uji klinis tahap ke-3 di Tiongkok, Arab Saudi, Rusia dan Pakistan.

4. AstraZeneca
AstraZeneca adalah perusahaan farmasi yang merupakan hasil merger dari perusahaan Swedia Astra AB dan perusahaan Britania Zeneca Group. Perusahaan yang bermarkas di Inggris ini juga telah melakukan tahap akhir dari vaksin Covid-19. AstraZeneca merupakan salah satu vaksin yang didukung oleh miliarder Bill Gates.

Selain vaksin-vaksin luar negeri, Indonesia juga mengembangkan vaksin Merah Putih. Vaksin ini disebutkan akan melengkapi vaksin yang didatangkan dari luar negeri melalui kerja sama, yaitu dengan Sinovac dan G42 Sinopharm.

#Satgas Covid-19 #Vaksin Covid-19