Jumat, 23 Oktober 2020 18:59

Appi-Rahman Ciptakan Rekor Kampanye di Tengah Covid, Kumpulkan 2.222 Orang Secara Virtual

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Appi-Rahman Ciptakan Rekor Kampanye di Tengah Covid, Kumpulkan 2.222 Orang Secara Virtual

Kampanye virtual dipusatkan di studio Appi-Rahman Town Hall Menara Bosowa.

RAKYATKU.COM - Bukan untuk berdemo atau unjuk rasa. Tim pemenangan paslon nomor urut 2, Appi-Rahman berhasil mengumpulkan 2.000 orang lebih pendukungnya, tanpa harus melanggar aturan kampanye dan protokol kesehatan.

Itu terjadi ketika pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar, Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando menggelar  kampanye secara virtual, Jumat (23/10/2020).

Kampanye virtual dipusatkan di studio Appi-Rahman Town Hall Menara Bosowa. Melalui teknologi streaming, kampanye itu menjangkau peserta kampanye di 45 titik kumpul pada 35 kelurahan.

Baca Juga : Sudah Komitmen, Appi-Rahman Lanjutkan Perjuangan Tangani Covid-19 di Kota Makassar

Itu tersebar di tiga kecamatan, yakni Ujung Pandang, Makassar, dan Rappocini. Pendukung Appi-Rahman menggelar nonton bareng untuk menyaksikan langsung dan berdialog dengan paslon dukungannya.

"Dari laporan tim di lapangan, warga yang berkumpul nobar di 45 titik itu sebanyak 2.222 orang," kata Appi.

Sebagai referensi, aturan KPU memungkinkan kampanye tatap muka dilakukan dengan batasan jumlah peserta 50 orang di dalam ruangan dan 100 orang di luar ruangan.

Baca Juga : Akui Kemenangan Rival dengan Kepala Tegak, Appi-Rahman Tuai Pujian

Boleh jadi satu-satunya paslon di Pilwali Makassar 2020 ini yang gencar menggelar kampanye secara virtual.

Kampanye virtual ini merupakan salah satu inisiatif dari penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU untuk merespons kondisi pandemi Covid-19.

Baca Juga : Sudah Sempat Crossing, RTK Ungkap Penyebab Appi-Rahman Kalah Atas Danny-Fatma Versi Quick Count

Dalam keterbatasan untuk mengumpulkan orang di masa kampanye, KPU membolehkan sistem kampanye dilakukan secara online atau virtual.

Appi-Rahman pun memanfaatkan aturan tersebut dengan sebaik-baiknya. Tak hanya sekali bahkan kampanye virtual Appi-Rahman yang digelar, Jumat (23/10/2020), merupakan seri ketiga.

Pada kampanye virtual sebelumnya, Appi-Rahman menghadirkan Sandiaga Uno sebagai narasumber dalam rangkaian talkshow membahas UMKM.

Baca Juga : Beri Selamat Danny-Fatma, Dilan Apresiasi Appi-Rahman dan Imun

Bagi Tim Pemenangan Appi-Rahman, pandemi Covid-19 ini bukanlah halangan untuk mensosialisasikan jagoannya. Tetapi memanfaatkan kondisi ini untuk sekaligus membantu masyarakat dan pemerintah mensosialisasikan bahaya Covid-19, virus yang telah menelan korban jiwa di seluruh penjuru dunia.

Lebih dari itu, mengedukasi masyarakat untuk taat protokol kesehatan, seperti menjaga kondisi kesehatan, menjaga jarak aman bila berkumpul, sering mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, disiplin memakai masker.

Tidak terbantahkan, program pengendalian penyebaran Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan tim paslon Appi-Rahman paling unggul dibandingkan tiga paslon lain peserta kontestasi Pilkada Makassar 2020.

Baca Juga : Beri Selamat Danny-Fatma Sambil Titip AGAMIS, UQmo Sampaikan Pesan kepada Appi, Deng Ical, dan None

Tim Appi-Rahman telah melakukan tes swab gratis terhadap 1.000 orang lebih, membagikan setengah juta masker dan hand sanitizer, melakukan penyemprotan cairan disinfektan dan fogging pemukiman di 153 kelurahan yang ada di Makassar.

Para Duta Sehat dan Satgas Kesehatan serta relawan Appi-Rahman juga konsisten menerapkan protokol kesehatan sekaligus mensosialisasikan upaya-upaya pencegahan masyarakat  terpapar virus dan menjaga kesehatan. Semua itu gratis.

Menurut Koordinator Relawan Appi-Rahman, Baharuddin Rachim, hingga Minggu (11/10/2020), sekitar 350 komunitas relawan telah dikukuhkan. Setiap komunitas relawan diwakili tiga orang dalam pengukuhan. Mereka wajib menjalani tes swab sebelum dikukuhkan.

Baca Juga : Beri Selamat Danny-Fatma Sambil Titip AGAMIS, UQmo Sampaikan Pesan kepada Appi, Deng Ical, dan None

"Artinya, sudah lebih seribu orang di-swab," ujar Baharuddin

Informasi yang dihimpun dari sekretariat Appi-Rahman, selain relawan, sejumlah anggota tim pemenangan juga secara sadar mengintensifkan tes swab dirinya karena mereka kontak dengan banyak orang dari berbagai kalangan di lapangan.

Ada di antara mereka yang telah melakukan tes swab sampai lima kali sejak deklarasi 21 Agustus lalu untuk memastikan diri bebas Covid dan leluasa beraktivitas.

Baca Juga : Beri Selamat Danny-Fatma Sambil Titip AGAMIS, UQmo Sampaikan Pesan kepada Appi, Deng Ical, dan None

Selain itu, Satgas Kesehatan telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan ratusan rumah warga di sejumlah wilayah pemukiman, fasilitas umum, dan rumah ibadah.

Menurut Koordinator Satgas Kesehatan, Fadli, timnya yang berjumlah 15 orang sudah menjelajahi 14 kecamatan. Meliputi 73 kelurahan di 92 zona perumahan, fasilitas umum dan rumah-rumah ibadah. Tim ini juga telah membagi 7.200 lembar masker dan 3.080 hand sanitizer.

Selain itu, Duta Sehat yang terdiri 112 orang dan 28 team leader telah bekerja membagikan lebih dari 700 ribu masker dan hand sanitizer langsung kepada masyarakat dalam waktu sebulan lebih. Jumlah itu belum termasuk masker dan hand sanitizer yang dibagikan para komunitas relawan.

Baca Juga : Beri Selamat Danny-Fatma Sambil Titip AGAMIS, UQmo Sampaikan Pesan kepada Appi, Deng Ical, dan None

 

#appi-rahman #Pilkada Makassar