Kamis, 22 Oktober 2020 14:02

Hari Santri di DDI Mangkoso, Plt Bupati Barru Serukan Santri Sehat Indonesia Kuat

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Hari Santri di DDI Mangkoso, Plt Bupati Barru Serukan Santri Sehat Indonesia Kuat

Di Kabupaten Barru, sebagai daerah tempat berdirinya Pesantren Darud Da'wah Wal Irsyad (DDI) Mangkoso yang berjuluk Serambi Mesir, Plt. Bupati Barru Ir. H. Nasruddin Abdul Muttalib M.Si selaku Inspektur Upacara memimpin langsung perayaan Hari Santri Nasional, Kamis (22/10/2020).

RAKYATKU.COM, BARRU - Hari Santri Nasional yang ditetapkan pada tanggal 22 Oktober merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan kepada ummat Islam untuk berperang melawan Sekutu yang ingin kembali menjajah pasca Proklamasi Kemerdekaan. Seruan jihad yang dibacakan oleh pahlawan nasional KH. Hasyim Asy’ari terjadi pada tanggal 22 Oktober 1945.

Hal ini kemudian membuat rakyat dan santri terbakar semangatnya yang puncaknya pada peristiwa yang terkenal oleh Bung Tomo, dengan menyatukan Takbir dan Pekik Merdeka, Para ulama, santri, dan para pejuang melakukan perlawanan sengit dalam pertempuran 10 November di Surabaya. Demikian sejarah ditetapkannya peringatan hari santri nasional.

Di Kabupaten Barru, sebagai daerah tempat berdirinya Pesantren Darud Da'wah Wal Irsyad (DDI) Mangkoso yang berjuluk Serambi Mesir, Plt. Bupati Barru Ir. H. Nasruddin Abdul Muttalib M.Si selaku Inspektur Upacara memimpin langsung perayaan Hari Santri Nasional, Kamis (22/10/2020).

Baca Juga : Wisuda Sarjana DDI Mangkoso ke-32, Sekda Barru: Jadi Alumni Penerang di Tengah Masyarakat

"Untuk melihat pembinaan masa depan, anak didik kita memang harus dibekali dengan ilmu agama atau melalui pendidikan santri, dengan pendidikan agama tentunya kedepan dia akan menjadi agen perubahan untuk mewujudkan pembangunan bangsa," ujar Nasruddin AM memberikan pidato setelah sebelumnya menjelaskan peristiwa tarikan sejarah Penetapan Hari Santri Nasional.

Menurutnya, memadukan urusan dunia dan akhirat yang mampu membuat kita yakin bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang kaya raya, adil makmur, dan diridhoi oleh Allah SWT.

"Menjadi negeri yang Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghofur, negeri yang diberkati oleh Allah, rakyat dalam suasana adil dan makmur," harap Plt Bupati yang dulunya pernah menjadi Sekretaris Daerah Barru ini.

Baca Juga : Ribuan Peserta Meriahkan Hari Santri Nasional di Kabupaten Luwu Utara

Di masa kini, perang tidak hanya bermakna pertempuran melawan penjajah, namun dapat dimaknai melawan setiap hal yang melemahkan Bangsa atau mengancam keselamatan jiwa. Termasuk Pandemi Covid-19 yang saat ini menjadi musuh bersama, karena itu tema Hari Santri Nasional Tahun 2020 bertajuk 'Santri Sehat Indonesia Kuat'.

Di hadapan santri yang berasal dari berbagai pondok dan kampus dibawah naungan DDI, Plt Bupati Barru mengimbau kepada semua pembelajar di Barru untuk memenangkan perang melawan Covid-19 dengan cara mendekatkan diri kepada Allah Swt.

"Kami mengimbau kepada para santri (dan segenap lapisan masyarakat Barru) untuk terus dan selalu mendekatkan diri kepada Allah Swt., melaksanakan apa yang diperintahkan-Nya dan menjauhi larangan-Nya," seru Nasruddin memberikan jurus dalam menguatkan imun untuk melawan dan melemahkan potensi masuknya virus corona.

Baca Juga : Bernuansa Putih, Ribuan Santri di Wajo Ikuti Upacara Hari Santri Nasional

HM Faried Wajdy selaku Pimpinan Pondok Pesantren DDi Mangkoso, nampak selalu membersamai pemegang kewenangan Kepala Daerah ini. Turut mengikuti perayaan Hari Santri Nasional di Mangkoso, Anggota DPRD Barrru HM Akil, Kementerian Agama Barru Syamsul Bahri, Kepala Bagian Kesra Dr. Irham Jalil Alyah, serta diikuti Alumni Santri Ponpes DDI Mangkoso, Para Pembina Pondok Pesanteren DDI Mangkoso dan Takkalasi.

Penulis : Achmad Afandy
#DDI Mangkoso #Hari Santri Nasional