Selasa, 20 Oktober 2020 13:37

Desiminasi Penguatan Kampung Zakat, Laznas Dompet Dhuafa Bangun Sentra Produksi Kopi Kahayya di Kindang

Adil Patawai Anar
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Desiminasi Penguatan Kampung Zakat, Laznas Dompet Dhuafa Bangun Sentra Produksi Kopi Kahayya di Kindang

"Saya berharap para penyuluh dapat membawa ilmu dari Kahayya ini, untuk diterapkan di wilayah kerja masing-masing, untuk memperlihatkan kepada masyarakat luas tentang manfaat zakat bagi kehidupan masyarakat,"

BULUKUMBA - Pelaksanaan Program Kampung Zakat di Desa Kahayya, Kecamatan Kindang, Bulukumba, Sulsel terus mengalami perkembangan diberbagai bidang. Perkembangan tersebut diraih dengan dengan kolaborasi dan sinergi yang baik antar-berbagai pihak.

Dalam upaya itu, Kemenag Bulukumba mengumpulkan para penyuluh zakat dan wakaf, dari sepuluh kecamatan yang ada di Bulukumba, untuk melakukan Desiminasi Penguatan Kampung Zakat, di Kahayya.

Kakan Kemenag Bulukumba Dr. Ali Yafid mengungkapkan bahwa Program Kampung Zakat telah membuktikan peran pendayagunaan zakat bagi mustahik, di berbagai bidang.

Baca Juga : Dompet Dhuafa Sulsel Gandeng Browcyl Manisin Pelosok dengan Ekspedisi Ramadan

"Saya berharap para penyuluh dapat membawa ilmu dari Kahayya ini, untuk diterapkan di wilayah kerja masing-masing, untuk memperlihatkan kepada masyarakat luas tentang manfaat zakat bagi kehidupan masyarakat," ucapnya.

Ketua Baznas Kabupaten Bulukumba H. MYusuf Shandy mengungkapkan, bahwa zakat dan wakaf memiliki peran besar bagi kemajuan umat, jika keduanya dikelola dengan baik, profesional dan transparan.

Ia menambahkan, kehadiran Program Kampung Zakat di Kahayya telah membawa banyak keberkahan bagi warga Bulukumba, khususnya warga Desa Kahayya. Keberkahan itu dapat dilihat di berbagai bidang.

Baca Juga : Dompet Dhuafa Sulsel dan BSI Maslahat Resmikan Kerjasama Program Rumah Singgah Pasien

"Sebagai bagian dari program ZCD BAZNAS, Kampung Zakat bergerak di semua bidang pendistribusian, mulai dari kesehatan, pendidikan, ekonomi, dakwah dan kemanusiaan," terangnya,Selasa (20/10/2020).

Ia menjelaskan, di bidang kesehatan ada pemeriksaan kesehatan bagi semua warga Kahayya. Di bidang dakwah dan pendidikan, selain pelatihan bagi para guru, juga ada pengajian bulanan, pengajian TPA setiap dusun dan pembentukan majelis taklim. Adapun di bidang ekonomi, pendirian UKM Kopi dan Madu Kahayya, pengembangan produk dan pemasaran Kopi Kahayya.

"Saat ini sedang dibagun gudang kopi oleh LAZNAS Dompet Dhuafa, yang akan menjadi sentra produksi Kopi Kahayya," terangnya.

Baca Juga : Dompet Dhuafa Gelar Pelatihan Guru Tingkatkan Literasi Bencana

Sedangkan di bidang kemanusiaan, alhamdhlillah telah dilakukan pelatihan SAR dan pembentukan relawan Kahayya Tanggap Bencana (Katana). Relawan ini terlibat aktif dalam berbagai kegiatan pembangunan di Kahayya, juga terjun ke daerah-daerah yang tertimpa bencana.

#Dompet Dhuafa Sulsel