Minggu, 18 Oktober 2020 18:13

Satgas TMMD Bulukumba Ajarkan Petani Gantarang Untuk Kelolah Tanaman Porang

Adil Patawai Anar
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Satgas TMMD Bulukumba Ajarkan Petani Gantarang Untuk Kelolah Tanaman Porang

"Saya mengajak kepada seluruh warga yang hadir pada hari ini untuk bersama-sama melaksanakan penanaman bibit porang sebagai salah satu program dan misi dari pemerintah dalam meningkatkan tarap hidup masyarakat sehingga hidup semakin sejahterah,"

BULUKUMBA - Personel Satgas TMMD ke-109 berikan penyuluhan pertanian tentang budidaya tanaman porang terhadap warga di Aula MTS, Desa Kindang, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, Minggu (18/10/2020)

Masyarakat yang sangat antusias mendengar penjelasan dari pemateri tentan penyuluhan pertanian budidaya tanaman porang, dimana kegiatan ini merupakan salah satu sasaran kegiatan non Fisik dari TMMD yang sekarang masih berlangsung di Desa Kindang ini.

Dalam kesempatan itu Dandim 1411/Blk (Letkol Arm Joko Triyanto, S.Pd) selaku Dansatgas TMMD Ke-109 menyampaikan. Bahwa budidaya tanaman porang ini adalah jenis tanaman yang baru yang memiliki prospek yang menjanjikan dimana dengan budidaya porang ini bisa meningkatkan taraf hidup penghasilan kita dalam kebutuhan hidup sehari-hari.

Baca Juga : 

Perlu kita ketahui bahwa tanaman porang ini mempunyai nilai jual yang tinggi dan kesempatan ini saya sampaikan bahwa kami Kodim 1411/Blk juga sudah memiliki lahan yang telah ditanami tanaman porang bertempat di Lap. Tembak di Dusun Pangi-pangi Desa Swatani Kec. Rilau Ale dengan luas lahan 1 Ha.

Saya mengajak kepada seluruh warga yang hadir pada hari ini untuk bersama-sama melaksanakan penanaman bibit porang sebagai salah satu program dan misi dari pemerintah dalam meningkatkan tarap hidup masyarakat sehingga hidup semakin sejahterah," jelas Letkol Arm.Joko Triyanto, S. Pd

Materi penyuluhan pertanian tentang budidaya tanaman porang yang disampaikan oleh Sdr. Mathius (Penyuluh Pertanian Desa Kindang) diantaranya.

Syarat utama agar tanaman porang dapat tumbuh, harus keadaan tanah yaitu membutuhkan tanah yang gembur/subur dan tidak becek. Kondisi lingkungan yaitu harus memiliki naungan yang ideal seperti nanungan dari tanaman pohon Jati, mahoni sono, dan lain-lain

Tata cara budidaya porang terbagi dalam dua tahap yaitu. Tahap pertama melaksanakan persiapan lahan dan tahap kedua melaksanakan persiapan bibit," ungkapnya.

Diakhir pelaksanaan kegiatan penyuluhan dilanjutkan dengan pembagian bahan kontak kepada seluruh peserta penyuluhan pertanian berupa masker, handsanitizer, paper bag dan Sembako sebanyak 40 Paket.

 

Penulis : Rahmatullah
#Kodim 1411 Bulukumba