Minggu, 18 Oktober 2020 11:03

Sekda Parepare Masuk Nominasi 30 PPT Teladan dan The Future Leader

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sekda Kota Parepare, H Iwan Asaad
Sekda Kota Parepare, H Iwan Asaad

Daftar 100 nominasi ini tertuang dalam Pengumuman No: 186/SM.99/2020 tentang Hasil Seleksi Tahap I Anugerah ASN Tahun 2020. Pengumuman itu meliputi nominasi dari tiga kategori dalam Anugerah ASN 2020.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Seleksi ajang Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) 2020 kini menyisakan 100 nominasi untuk tiga kategori. Sebelumnya, dua tahapan seleksi telah dilewati, yakni seleksi administrasi dan seleksi tahap I.

Hasilnya, dari 100 nominasi, 40 diantaranya masuk kategori PNS Inspiratif, serta masing-masing 30 nominasi untuk kategori PPT Teladan dan The Future Leader. Keseratus nominasi tersebut berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, termasuk yang berada di luar negeri.

Daftar 100 nominasi ini tertuang dalam Pengumuman No: 186/SM.99/2020 tentang Hasil Seleksi Tahap I Anugerah ASN Tahun 2020. Pengumuman itu meliputi nominasi dari tiga kategori dalam Anugerah ASN 2020.

Baca Juga : Hadiri Musrenbang, Kaharuddin Kadir Serahkan Pokir DPRD Parepare

Khusus dari 30 nominasi Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Teladan itu, terdapat nama Sekda Kota Parepare, H Iwan Asaad.

Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Teguh Widjinarko di Jakarta, Jumat, 16 Oktober 2020 menegaskan, bahwa hasil seleksi ini tidak bisa diganggu gugat. “Keputusan Panitia Seleksi Anugerah ASN Tahun 2020 ini bersifat final,” tegasnya.

Selanjutnya, dalam pengumuman yang ditandatangani pada 16 Oktober 2020 ini, 100 nominasi yang lolos akan mengikuti Seleksi Tahap II yang sesuai dengan mekanisme dan alur proses penyelenggaraan kegiatan Anugerah ASN Tahun 2020. Seleksi Tahap II akan berlangsung mulai 20 Oktober 2020 dan direncanakan selesai pada akhir Oktober 2020. Dalam Seleksi Tahap II ini, akan dilakukan verifikasi lapangan, presentasi dan wawancara.

Baca Juga : Buka Musrenbang RKPD Tingkat Kota, Akbar Ali Tekankan Keterlibatan Masyarakat

Teguh Widjinarko menekankan bahwa, ajang pemberian penghargaan kepada ASN ini bukanlah sekadar penghargaan. Anugerah ASN merupakan bentuk apresiasi kepada sosok yang telah memberikan kontribusinya dan sudah dirasakan langsung, baik oleh organisasi maupun masyarakat.

Pada tahun ini, para juri juga akan memberi perhatian khusus bagi nominasi yang mempunyai inovasi dan kontribusi dalam penanganan Covid-19.

Mereka yang terpilih dalam masing-masing kategori diharapkan dapat menjadi Duta ASN yang dapat menumbuhkan semangat, motivasi, dan inspirasi bagi ASN lainnya untuk terus meningkatkan kualifikasi, kompetensi, serta kinerjanya.

Baca Juga : Pemkot Parepare Raih Kuota Formasi CPNS 2024 Sebanyak 88 Kursi

“Selain itu, juga dapat membawa pengaruh positif bagi sesama ASN, instansi, maupun masyarakat sehingga dapat membangun persepsi positif masyarakat terhadap ASN,” harap Teguh.

Teguh berharap, dalam rangkaian seleksi selanjutnya, masing-masing nominasi dari tiap kategori dapat mengeluarkan potensi terbaiknya dan menunjukkan bukti nyata kontribusi yang telah dilakukan, sehingga penilaian dapat dilakukan secara menyeluruh.

Pelaksanaan tahapan seleksi akan mengalami penyesuaian karena dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19, sehingga tidak akan sama seperti tahun lalu. Gelar Anugerah ASN 2020 rencananya akan diserahkan pada Desember 2020.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare