Kamis, 15 Oktober 2020 22:01

9 Tentara Tewas dalam Kecelakaan 2 Helikopter Militer

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tiga pejabat di Provinsi Helmand mengatakan helikopter itu dikerahkan untuk membawa pasukan komando menghadapi serangan Taliban yang meningkat dalam beberapa hari terakhir.

RAKYATKU.COM - Dua helikopter militer Afghanistan terlibat kecelakaan, Rabu (14/10/2020). Kementerian Pertahanan Afghanistan mengonfirmasi kecelakaan itu menewaskan sembilan tentara dan beberapa lainnya terluka.

Kecelakaan antara dua helikopter Mi-17 buatan Soviet itu terjadi di distrik Nawa, Provinsi Helmand. Masalah teknis saat lepas landas diduga jadi penyebab kecelakaan.

Juru bicara Gubernur Provinsi Helmand, Omer Zwak, mengatakan, helikopter itu membawa tentara yang terluka ketika sebelumnya satu unit lainnya jatuh pada Selasa malam (13/10/2020).

Baca Juga : 

Mengutip Associated Press, tiga pejabat di Provinsi Helmand mengatakan helikopter itu dikerahkan untuk membawa pasukan komando menghadapi serangan Taliban yang meningkat dalam beberapa hari terakhir.

Tak hanya itu, satu helikopter lainnya semula diterjunkan untuk mengevakuasi pasukan yang terluka.

Awal pekan ini pasukan Amerika Serikat di Afghanistan melancarkan sejumlah serangan udara ke Taliban.

Sonny Legget, juru bicara militer AS di Afghanistan mengatakan serangan tersebut sebagai aksi balasan atas tindakan ofensif Taliban di Helmand.

Mereka juga mengatakan jika serangan udara tersebut tidak melanggar kesepakatan intra-Afghanistan yang tengah berlangsung antara kedua pihak pada Februari lalu.

Perwakilan pemerintah Afghanistan dan Taliban telah mengadakan negosiasi damai intra-Afghanistan di Qatar. Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut atas kesepakatan damai antara Taliban dan AS pada Februari lalu.

#Kecelakaan Helikopter #Afghanistan