Minggu, 11 Oktober 2020 18:02

Cerita Warga Kindang Disambagi Program TMMD

Adil Patawai Anar
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Cerita Warga Kindang Disambagi Program TMMD

"Jadi saya tidak perlu lagi melewati jalur putar menuju ke desa Sapobonto cukup lewat jalan yang sementara dikerja pak tentara ini nantinya,"

Rakyatku.com, Bulukumba - Desa Kindang merupakan salah satu desa dari Sembilan Desa dan Kelurahan yang ada di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Desa Kindang terdiri dari tujuh Dusun yakni Dusun Cibollo, Bungaya, Mattaro Deceng, Sapaya, Gamaccaya, Kahayya, Tabbuakang. dengan mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani.

Di Desa itulah Program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa), yang ke-109 tahun anggaran 2020 Kodim 1411/Bulukumba dilaksanakan hingga saat ini. Selama separuh waktu pelaksanaan TMMD dari target 30 hari, secara umum interaksi antara Satgas TMMD dan masyarakat terjaga dengan baik aman dan damai.

Ada beberapa cerita yang sempat dihimpun dari warga yang secara tulus dan spontan yang menilai sampai sejauh ini Pelaksanaan TMMD di Desanya. Ucapan warga yang dapat dikatakan mewakili semua pihak aparat Desa dan masyarakat lainnya.

Baca Juga : 

Seorang Ibu rumah tangga warga setempat bernama Bunga yang keseharianya bekerja kebun miliknya yang tak jauh dari lokasi TMMD sangat senang dan menyambutnya dengan baik pelaksanaan program TMMD tersebut.

Menurutnya dengan adanya perintisan jalan ini yang menghubungkan desa kindang dan desa sapobonto jarak antara rumah saudaranya dan mertuanya semakin dekat.

" jadi saya tidak perlu lagi melewati jalur putar menuju ke desa Sapobonto cukup lewat jalan yang sementara dikerja pak tentara ini nantinya," ucapnya polos.

Nampak terlihat anak-anak dengan cerianya sambil bermain-main di sekitar lokasi TMMD begitupun warga sekitarnya ternyata dampak dari program TMMD terhadap warga sangat lah positif.Terbukti banyak warga yang datang tak terkecuali anak anak.

Saat ditemui salah satu anak yang tinggal di Dusun bungayya bernama Ippang 10 tahun yang sedang bermain bersama temannya dilokasi TMMD. berkilah”Saya senang pak jalanku diperbaiki bisa buat bermain”,kilahnya. sambil tersenyum.

Cerita lain juga datang dari bapak Akbar yang tinggal disekitar lokasi TMMD yang bekerja sebagai petani mengatakan Saya merasa senang atas kehadiran Bapak-bapak TNI dari waktu Pra TMMD sampai dengan pelaksanaanya karena pak tentara baik-baik sering membantu disaat selesai bekerja ” ujarnya. Sambil ketawa.

Lanjutnya pak tentara juga sering bantu memetik cengkeh, perbaiki rumah, ajarkan anak2 mengaji, sunat gratis, buatkan wc juga dan masih banyak lagi yang pak tentara bantu selama ada kegiatan TMMD ini pak.

Kegiatan TMMD ini memang menjadi perhatian khusus bagi pemerintah Desa Kindang.Dimana dulu hanya jalan setapak kini jadi lebar dan bagus, sehingga harapan warga bisa meningkatkan perekonomiannya.

Walau situasi pandemi Covid-19, ia melihat personel TNI bersama warga tetap semangat bekerja keras dan dirinya merasa salut atas antusias tersebut untuk menyelesaikan semua sasaran TMMD.

“Terima kasih kepada semua pihak, baik TNI dan Pemerintah Kabupaten Bulukumba karena perintisan jalan yang dilakukan lewat TMMD ini nantinya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Salah seorang tokoh agama setempat, H. Dullah mengatakan sangat bersyukur sekali dengan adanya TMMD ke-109 yang dibawahi Kodim 1411/Bulukumba di desanya. Program TMMD ini akan sangat membantu warga setempat. Sebagai Pemuka Agama, dirinya bersama warga senantiasa berdoa kepada Allah S.W.T semoga seluruh personel Satgas TMMD dan personil Kodim 1411/Bulukumba senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan serta semua program sasaran dapat berjalan aman lancar dan tercapai sasarannya, serta hasilnya dapat dinikmati warga.

“Dan Kami berterima kasih atas semua kerja keras Personil Satgas TMMD ke-109 Kodim 1411/Bulukumba dalam menuntaskan sasaran fisik dan non fisik selama sebulan nantinya, kami sangat yakin TMMD ini akan selesai tepat waktu dan hasil pelaksanaannya akan dapat dirasakan dan dinikmati warga,” ungkapnya.

Penulis : Rahmatullah
#Kodim 1411 Bulukumba