Minggu, 11 Oktober 2020 10:02

Ketua Hanura Makassar: Program Dilan Cepat Bukti Kepedulian terhadap Ketua RT/RW

Adil Patawai Anar
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ketua Hanura Makassar, Muhammad Yunus.
Ketua Hanura Makassar, Muhammad Yunus.

"Ini merupakan program inovatif. Selama ini, kandidat cuma berlomba menjanjikan kenaikan insentif, padahal yang juga tidak kalah penting adalah fasilitas bagi petugas RT/RW. Nah, motor RT/RW pastinya mendukung mobilitas petugas dalam memberikan layanan publik secara langsung dari rumah ke rumah. Program ini patut diapresiasi karena akan membuat pelayanan publik lebih cepat dan lebih mudah,"

Makassar -- Anggota DPRD Kota Makassar, HM Yunus, mengapresiasi program Dilan Cepat berupa penyediaan sepeda motor dinas di setiap RT/RW. Kendaraan operasional itu tentunya akan sangat mendukung kinerja petugas RT/RW. Terlebih, pasangan calon nomor urut tiga Syamsu Rizal-Fadli Ananda (Dilan), mencanangkan pelayanan publik hingga ke tingkat RT/RW atau semacam layanan direct home service. 

"Ini merupakan program inovatif. Selama ini, kandidat cuma berlomba menjanjikan kenaikan insentif, padahal yang juga tidak kalah penting adalah fasilitas bagi petugas RT/RW. Nah, motor RT/RW pastinya mendukung mobilitas petugas dalam memberikan layanan publik secara langsung dari rumah ke rumah. Program ini patut diapresiasi karena akan membuat pelayanan publik lebih cepat dan lebih mudah," ucap Yunus, Sabtu (10/10/2020).

Ketua Partai Hanura Kota Makassar ini mengimbuhkan penyediaan fasilitas motor dinas menunjukkan besarnya kepedulian Dilan untuk petugas maupun Ketua RT/RW. Selain itu, motor RT/RW juga membuktikan bahwa program-program pasangan doktor dan dokter ini memang bersifat inklusif, dimana manfaatnya dirasakan semua pihak. 

Baca Juga : Salut! Berulang Kali ADAMA' dan DILAN Saling Support di Debat Pemungkas

"Penyediaan motor dinas untuk operasional ini merupakan jaminan dan bukti kepedulian Dilan untuk Ketua RT/RW, di samping komitmen penyesuaian insentif. Program ini juga membuktikan program Dilan sangat inklusif, manfaatnya dirasakan semuanya. Sebelumnya kan juga ada program WiFi gratis di tiap RT, lalu satu dokter satu RW dan satu ambulans satu kelurahan," tuturnya. 

Sebelumya, Deng Ical-sapaan akrab Syamsu Rizal, menyampaikan keberadaan motor RT/RW akan menunjang peningkatan kinerja petugas setempat dalam memberikan layanan publik. Selama ini, salah satu keluhan petugas RT/RW, selain insentif adalah persoalan mobilitas yang mungkin masih terbatas karena tak adanya kendaraan dinas. 

"Salah satu yang menjadi atensi dalam program-program Dilan adalah pelayanan publik, dimana ujung tombaknya adalah petugas RT/RW. Makanya, selain melakukan penyesuaian instentif untuk meningkatkan kesejahteraan mereka, juga kita siapkan sepeda motor dalam menunjang tugas, meningkatkan mobilitas demi pelayanan publik," ujar kader tulen Muhammadiyah itu. 

Baca Juga : Gus Halim Serukan Pilih DILAN di Pilwalkot Makassar

Keberadaan sepeda motor untuk RT/RW, Deng Ical mengimbuhkan akan sangat mendukung upaya pelayanan direct home service yang dicanangkan Dilan. Petugas RT/RW ke depan dituntut benar-benar aktif menjembati pemerintah dan masyarakat dalam pembayaran PBB, iuran sampah dan tagihan lainnya. Termasuk layanan pengurusan berkas administrasi kependudukan. 

"Jadi sepeda motor itu diberikan dibarengi dengan tanggung jawab pemeliharaan dan peningkatan kinerja. Sepeda motor RT/RW itu akan sangat menunjang layanan direct home service berupa pembayaran PBB, iuran sampah dan tagihan lainnya serta layanan berkas administrasi kependudukan," tandasnya.

#Deng Ical-Fadli Ananda