Sabtu, 10 Oktober 2020 16:02

Donald Trump Blak-blakan Awal Mula Tertular Corona

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Donald Trump. (Foto: AP)
Donald Trump. (Foto: AP)

"Ini (virus corona) sangat sangat kecil, seperti sepotong debu mikroskopis. Itu masuk ke hidung, mulut atau mata Anda, langsung, atau sesuatu yang lain atau Anda menyentuh sesuatu. Jadi, saya mengerti, dan kemudian Anda menjadi lebih baik."

RAKYATKU.COM - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengungkap bagaimana awalnya dia bisa terpapar virus corona.

Dia menduga terinfeksi Covid-19 usai menghadiri acara keluarga mendiang para tentara AS, Gold Star Family.

Gedung Putih mengadakan, acara untuk menghormati keluarga Gold Star pada Ahad 27 September lalu.

Baca Juga : 

Mereka yang hadir tidak diatur jarak aman dan tidak menggunakan masker. Padahal, dua hal itu merupakan protokol wajib di masa pandemi virus corona. Trump mengaku berinteraksi dengan banyak orang pada acara itu.

"Ini (virus corona) sangat sangat kecil, seperti sepotong debu mikroskopis. Itu masuk ke hidung, mulut atau mata Anda, langsung, atau sesuatu yang lain atau Anda menyentuh sesuatu. Jadi, saya mengerti, dan kemudian Anda menjadi lebih baik," kata Trump Kamis pagi (8/10/2020) saat wawancara melalui telepon di Fox Business.

Komentar Trump sangat berbeda dari yang sebelumnya. Beberapa waktu lalu saat wawancara dengan Fox News Trump mengklaim tertular dari Sekretaris Kepresidenan Hope Hicks yang dicurigai terinfeksi dari anggota militer atau penegak hukum.

"Sangat, sangat sulit ketika Anda bersama orang-orang dari militer atau penegak hukum, dan mereka mendatangi Anda dan mereka ingin memeluk Anda dan mereka ingin mencium Anda, karena kami benar-benar telah melakukan pekerjaan yang baik untuk mereka. Dan Anda mendekat dan segalanya terjadi," kata Trump.

Tidak ada cara untuk mengetahui secara pasti bagaimana Trump dan pejabat Gedung Putih yang lain tertular virus. Meski hanya karena seseorang dites positif lebih cepat daripada orang lain tidak berarti orang itu dapat dikatakan sebagai penyebar virus.

Sementara itu, Presiden dan CEO dari Greatest GENERATIONS Foundation, Timothy Davis mengatakan, semua peserta Gold Star Family telah dites corona dengan rapid test antigen oleh Gedung Putih sebelum acara tersebut.

Semuanya yang hadir kata Timothy dinyatakan negatif. Rapid test antigen yang dilakukan oleh Gedung Putih diketahui menghasilkan tingkat negatif palsu yang tinggi.

"Mengingat sudah 12 hari sejak acara tersebut, seluruh anggota keluarga Gold Star baik-baik saja dan tidak menunjukkan gejala Covid-19," kata Davis dalam pernyataan.

#Donald Trump #Covid-19 #Amerika Serikat