Jumat, 09 Oktober 2020 15:05

Dijual Rp208 Juta, Inilah Daging Ham Termahal di Dunia

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Potongan ham yang memecahkan rekor ini disiapkan mengikuti instruksi ketat dari pembeli.

RAKYATKU.COM - Produsen ham Spanyol belum lama ini mengumumkan mereka menjual potongan daging tradisional Iberia termahal kepada pembeli dari Jepang.

Kabarnya mereka membanderol mencapai 12 ribu euro atau sekitar Rp208 juta.

Julio Revilla, presiden Sierra Mayor Jabugo, seorang produsen ham Iberia yang berbasis di Corteconcepción, wilayah Huelva Spanyol, mengatakan potongan ham yang memecahkan rekor itu disiapkan mengikuti instruksi ketat dari pembeli.

Dilansir Oddity Central, Jumat (9/10/2020), mereka meminta agar ham itu berasal dari babi Iberia setidaknya berusia dua tahun yang telah merumput di pegunungan Sierra Mayor sekiranya selama 100 hari.

Selain itu hewan itu juga harus mendapatkan berat sekiranya 100 kilogram selama waktu yang mereka habiskan untuk merumput.

Makanan babi hanya terdiri atas biji pohon ek dan tumbuhan. Sementara, periode pengeringan untuk ham adalah lima tahun, dua kali lipat periode pengeringan normal untuk ham premium.

“Ham pemenang penghargaan berasal dari 100% babi Iberia murni, kualitas Bellota, diproses pada usia dua tahun dan dibesarkan secara bebas, bersama dengan saudara kawanannya, di padang rumput Sierra Mayor, yang terletak di provinsi Badajoz dan Huelva,” tulis pernyataan situs Sierra Mayor Jabugo.

“Kami telah merawat secara khusus kemurnian genetik babi Iberia ini dan pola makan alaminya selama musim 2014/2015, secara eksklusif berdasarkan biji pohon ek dan herba,” bebernya.

Sepotong daging ham seberat 10 kilogram melebihi masa pengeringan wajib lima tahun pada Januari dan telah dikirim ke pembeli di bulan lalu.

Dengan harga 208 juta, ham Iberia sudah ditampilkan di acara TV Jepang “The Fair Price” dan pemiliknya telah diberikan sertifikat Guinness Record untuk potongan ham termahal di dunia.

Sekadar informasi sepotong ham premium yang disiapkan oleh Sierra Mayor Jabugo dijual seharga sekitar 1.500 euro Rp26 juta di Spanyol.

Namun, perusahaan mengklaim bahwa persyaratan khusus dari klien Jepang membenarkan kenaikan harga delapan kali dari harga ham normal.

#HAM #babi