Jumat, 09 Oktober 2020 11:01

Karyawan Bebas Memilih, Perusahaan Ini Tawarkan 4 Hari Libur dalam Sepekan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Aturan ini dibuat sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk mengembangkan gaya kerja baru. Termasuk beradaptasi dengan kondisi perkantoran yang budayanya kini berubah jadi sistem shift sejak pandemi Covid-19.

RAKYATKU.COM - Umumnya perusahaan memberlakukan aturan 5-2 untuk karyawannya, yang berarti lima hari kerja dan dua hari libur dalam sepekan.

Namun, perusahaan satu ini membuat aturan jam kerja yang berbeda. Bukan 5-2 melainkan 4-3 atau 3-4.

Mizuho Financial Group, salah satu perusahaan jasa finansial terbesar di Jepang, menawarkan semua karyawannya untuk memilih jam kerja sesuai keinginan.

Karyawan bisa menentukan ingin mendapatkan empat hari kerja dan tiga hari libur, atau tiga hari kerja dan empat hari libur setiap pekannya.

Kebijakan 3-4 hari libur ini bersifat opsional dan berlaku untuk sekitar 45 ribu karyawan di cabang-cabang usahanya. Termasuk Mizuho Bank, Mizuho Trust and Banking, Mizuho Securities, dan tiga perusahaan lainnya di bawah naungan korporat Mizuho Financial.

Dikutip dari Soranews24, aturan ini dibuat sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk mengembangkan gaya kerja baru. Termasuk beradaptasi dengan kondisi perkantoran yang budayanya kini berubah jadi sistem shift sejak pandemi Covid-19.

Namun, berkurangnya jam kerja juga berarti ada pengurangan gaji. Bagi karyawan yang memilih libur tiga atau empat hari dalam sepekan maka gajinya akan disesuaikan.

Untuk jadwal kerja 4-3 (empat hari masuk tiga hari libur), hanya akan menerima 80 persen dari gaji normal. Sementara jadwal 3-4 (tiga hari masuk empat hari libur) hanya akan menerima 60 persen gaji.

Tentu ini semua opsional alias pilihan ada di tangan karyawan. Artinya perusahaan tetap membolehkan apabila ada karyawan yang masih tetap ingin mempunyai jadwal kerja 5-2.

Sistem kerja ini baru akan diterapkan Mizuho Financial Group pada Desember 2020.

#Perusahaan #Libur