Kamis, 08 Oktober 2020 23:31

TMMD 109 Kodim 1411 Bulukumba, Lihat Antusias Anak Desa Saksikan Pengerjaan Jalan

Adil Patawai Anar
Konten Redaksi Rakyatku.Com
TMMD 109 Kodim 1411 Bulukumba, Lihat Antusias Anak Desa Saksikan Pengerjaan Jalan

"Ya benar telah kita turunkan 3 unit excavator ke lokasi untuk mempercepat perintisan jalan untuk efisiensi waktu dan tenaga,"

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang digelar oleh jajaran Kodim 1411 Bulukumba untuk tahun anggaran 2020, di Kecamatan Kindang yang akan berlangsung pada 22 September sampai 21 Oktober 2020 mendatang.

Sasaran kegiatan TMMD terdiri dari kegiatan fisik dan non fisik. Kegian fisik berupa perintisan jalan dan pembuatan talud sepanjang 750 meter yang menghubungkan wilayah Desa Kindang dengan Desa Sapobonto Kecamatan Bulukumpa.

Tak hanya itu sejumlah kegiatan nonfisik juga digelar oleh para personel TNI, berupa penyuluhan dengan berbagai tema seperti Bela Negara, penyuluhan Kamtibmas, lingkungan hidup dan kehutanan, serta KB dan kesehatan. Ada pula pengobatan massal secara gratis dan layanan donor darah, termasuk edukasi protokol kesehatan untuk pencegahan Covid19.

Baca Juga : TMMD 109 Bulukumba Berakhir, Kisah Perjuangan Terukir di Prasasti Merah Hijau

Memasuki hari ke-17 Satgas TMMD TNI Kodim 1411 Bulukumba memacu pengerjaan sasaran fisik. Tiga unit alat berat diturunkan ke lokasi sasaran TMMD di Desa Kindang Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba.

Dandim 1411 Bulukumba Letkol Arm Joko Triyanto, selaku Dansatgas TMMD mengaku, karena pertimbangan waktu dan kejar target dalam perintisan jalan, Satgas TMMD menurunkan perbantuan 3 unit Excavator ke lokasi.

"Ya benar telah kita turunkan 3 unit excavator ke lokasi untuk mempercepat perintisan jalan untuk efisiensi waktu dan tenaga," terangnya, Kamis (8/10/2020).

Baca Juga : Penutupan TMMD 109 di Kindang Diwarnai Kegiatan Sunatan Massal, Donor Darah dan Pembagian Sembako

Ia juga optimis, meskipun medan perintisan jalan cukup kriting, target sasaran fisik TMMD bisa selesai sampai ke tahap peningkatan.

Saat proses pengerjaan berlangsung, Antusiasme anak-anak desa begitu terlihat. Merekaduduk di tepi jalan untuk menyaksikan proses pengerjaan alat berat yang sedang beroperasi di Desa Kindang Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba.

Anak-anak desa setempat mengisi waktunya dilibur sekolah karena wabah Covid-19 di seluruh dunia dengan menonton proses pengerjaan. Dengan kehadiran program TMMD yang dibawahi Kodim 1411 Bulukumba, kejenuhan anak-anak desa Kindang Terobati.

Baca Juga : TMMD 109 Resmi Ditutup, Bupati Bulukumba: Terima Kasih Atas Semua Peran dan Kerjasamanya

Sepanjang hari mereka terus mengamati pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh personil Satgas TMMD, khususnya alat berat dan menaiki mobil dinas yang sedang lalu lalang mengangkut BBM.

”Anak-anak ini memang sudah dari pagi hari melihat kinerja alat berat yang sedang dalam membenahi jalan, " Ujar Joko Triyanto.

Mereka pun senang bisa melihat langsung alat berat, dan mengaku baru pertama ini melihat secara dekat eksavator melakukan pengerjaan.

Baca Juga : Tangkal Covid, Satgas TMMD 109 Kodim 1411 Bulukumba Ajari Anak-anak Pakai Masker

“karena jarang ada kegiatan seperti TMMD di Desa. hal tersebut jadi pemandangan dan tontonan tersendiri bagi anak- anak untuk datang kelokasi TMMD, untuk bisa melihat langsung perintisan jalan yang sedang dikerjakan, terkesan seperti jadi tempat berlibur bagi anak-anak. Kebetulan saat ini mereka masih libur sekolah, dikarenakan dampak dari wabah Covid-19. Akan tetapi kita harus juga memikirkan faktor keamanan yang tentunya tidak membahayakan keselamatan diri anak-anak ini, agar jangan terlalu mendekat ke lokasi pekerjaan," Urainya.

Untuk kegiatan nonfisik, Satgas TMMD TNI Manunggal Membangun Desa beri penyuluhan bela Negara di Aula Kantor Kel. Bintarore Kec. Ujung Bulu Kab. Bulukumba, yang diikuti sekitar 55 orang peserta.

Penyuluhan bela Negara ini merupakan salah satu bentuk kegiatan sasaran non fisik TMMD 109 Kodim 1411/Bulukumba, yang dilaksanakan di 10 Kecamatan di Wilayah Kabupaten Bukukumba.

Baca Juga : Satgas TMMD 109 Bersama Mahasiswa Dan Warga Kompak Selesaikan Target

Dandim 1411/Bulukumba Letkol Arm Joko Triyanto, S.Pd selaku Dansatgas TMMD, yang disampaikan oleh Kapten Arm. Muh.Hanafi dalam mengaku bahwa kegiatan bela Negara ini, merupakan salah satu tanggung jawab TNI dalam pelaksanaan kegiatan TMMD, agar paham-paham radikalisme dan terorisme bisa kita tangkal dalam hati dan pikiran kita semua khususnya kepada warga masyarakat Kel. Bintarore yang hadir saat ini.

" Dalam kesempatan ini juga saya himbau kepada seluruh masyarakat terkhusus yang hadir dalam kegiatan ini, tentang pentingnya disiplin protokol kesehatan agar masyarakat dapat mengerti dan paham tentang bahaya yang ditimbulkan dari penyebaran Virus Covid-19 yang sekarang masih melanda negara kita," pungkasnya.

Bahwa pertahanan negara bukan semata-mata ditujukan untuk perang, akan tetapi juga untuk mewujudkan perdamaian, menjamin keutuhan NKRI, mengamankan kepentingan nasional serta menjamin terlaksananya pembangunan pembangunan nasional.

Baca Juga : Satgas TMMD 109 Bersama Mahasiswa Dan Warga Kompak Selesaikan Target

" Jadi saya berharap, warga masyarakat semakin waspada terhadap paham-paham Radikal yang kerap kali sudah mulai memasuki wilayah pedesaan," tegasnya.

Penulis : Rahmatullah
#Kodim 1411 Bulukumba