Senin, 05 Oktober 2020 20:39

Pemerintah Turun Tangan Langsung, Appi-Rahman Bakal Hadirkan UMKM Percontohan di Tiap RW

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Munafri Arifuddin di galeri UMKM Jalan Pettarani.
Munafri Arifuddin di galeri UMKM Jalan Pettarani.

Appi-Rahman berkomitmen memudahkan akses pembiayaan ke perbankan serta jaringan dengan korporasi milik negara dan daerah serta swasta.

RAKYATKU.COM - Calon wali kota Makassar, Munafri Arifuddin berkunjung ke galeri UMKM yang dikelola OK OCE Sulselbar, Senin pagi (5/10/2020). Lokasinya di Jalan AP Pettarani VII, Lorong 1 Nomoro 6 Kelurahan Tamamaung, Panakukang.

Appi, sapaan Munafri berdialog mengenai program pengembangan UMKM yang akan dikerjakan ketika nantinya menjabat sebagai wali kota.

Pelaku UMKM di sana dari berbagai usaha. Mulai kerajinan tangan hingga kuliner. Tergabung dalam program OK OCE. Mereka menyambut baik niat Appi yang akan memberikan perhatian lebih untuk usaha-usaha mereka.

Baca Juga : Sudah Komitmen, Appi-Rahman Lanjutkan Perjuangan Tangani Covid-19 di Kota Makassar

Pembina OK OCE Sulselbar, Azikin Sahar mengatakan, hadirnya OK OCE merupakan jembatan bagi pelaku UMKM yang belum begitu diperhatikan oleh pemerintah.

"Masalah UMKM yang ada di Kota Makassar ini kalau mau dikatakan kurang tersentuh. OK OCE hadir untuk bagaimana UMKM itu bisa bangkit. Bisa naik kelas," ucapnya.

Ke depan dibutuhkan sinergitas dengan pemerintah. Program pengembangan UMKM dari Appi dianggap bisa bersinergi. Tujuan utamanya yakni membawa para pelaku UMKM bisa berkembang lagi terkhusus di wilayah Makassar.

Baca Juga : Akui Kemenangan Rival dengan Kepala Tegak, Appi-Rahman Tuai Pujian

Azikin melanjutkan bahwa yang paling perlu diperhatikan saat ini mengenai pemasaran dari produk UMKM yang belum maksimal.

Olehnya itu Appi pada kesempatan itu menerangkan bahwa jika dia terpilih, maka pemerintah akan menuntaskan permasalahan tersebut.

Baca Juga : Sudah Sempat Crossing, RTK Ungkap Penyebab Appi-Rahman Kalah Atas Danny-Fatma Versi Quick Count

Pertama, Appi-Rahman akan menghadirkan satu UMKM percontohan di setiap RW. Mengurangi biaya-biaya yang membebani sehingga UMKM sulit berkembang. Bahkan mengurangi pajak-pajak yang merupakan kewenangan pemerintah kota.

Langkah lainnya yakni memudahkan akses pembiayaan ke perbankan serta jaringan dengan korporasi milik negara dan daerah serta swasta.

"Jadi pemerintah yang akan terjun langsung untuk memastikan bagaimana mendirikan UMKM, menjalankan roda organisasi, bantuan modal, mengontrol mutu produk, kemasan, hingga pemasaran," katanya.

Baca Juga : Beri Selamat Danny-Fatma, Dilan Apresiasi Appi-Rahman dan Imun

Keseluruhan bentuk bantuan dan pendirian UMKM percontohan yang dikelola pemerintah ini nantinya, lanjut Appi, akan dibuatkan aturan atau regulasi.

"Seluruh step ini dijalankan sesuai prosedur yang akan dibuat ke depannya. Kita akan bersinergi dan memang sudah tugasnya pemerintah memperhatikan hal-hal seperti ini," tutupnya.

 

#Pilkada Makassar #appi-rahman