Senin, 05 Oktober 2020 11:01

NASA Uji Coba Toilet Senilai Rp342 Miliar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: AP.
Foto: AP.

Toilet itu mempunyai berat hampir 45 kilogram dengan tinggi 71 sentimeter. Ukuran toilet baru ini kira-kira setengah dari dua toilet buatan Rusia yang saat ini berada di stasiun luar angkasa.

RAKYATKU.COM - Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional AS (National Aeronautics and Space Administration/NASA) tengah melakukan uji coba penggunaan toilet titanium senilai USD23 juta (Rp342 miliar).

Toilet yang dirancang untuk kenyamanan perempuan itu akan diujicobakan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS).

Kantor berita Associated Press melaporkan, Jumat (2/10/2020), toilet tersebut dikemas di dalam kapal kargo yang seharusnya diluncurkan Kamis malam (1/10/2020) dari Pulau Wallops, Virginia. Namun, dibatalkan karena masalah teknis.

Baca Juga : Di Tengah Ketegangan, Astronaut AS Pulang ke Bumi dengan Pesawat Antariksa Rusia

toilet itu mempunyai berat hampir 45 kilogram dengan tinggi 71 sentimeter. Ukuran toilet baru ini kira-kira setengah dari dua toilet buatan Rusia yang saat ini berada di stasiun luar angkasa. Ukurannya dibuat agar bisa dimasukkan ke dalam kapsul Orion NASA yang akan membawa astronaut ke bulan.

ISS akan mengujinya selama beberapa bulan. Jika berjalan lancar, toilet akan dibuka untuk keperluan bisnis biasa.

Penggunaan toilet di luar angkasa diperkirakan akan meningkat seiring dengan SpaceX yang sekarang meluncurkan astronaut ke stasiun luar angkasa.

Baca Juga : NASA Libatkan Imam Masjid hingga Pendeta untuk Penelitian Terkait Alien

toilet saat ini lebih banyak dirancang untuk pria. Manajer proyek, Melissa McKinley dari Johnson Space Center, mengatakan untuk mengakomodasi perempuan dengan lebih baik, NASA memiringkan posisi kursi di toilet baru dan membuatnya lebih tinggi. Bentuk baru ini akan membantu astronaut memosisikan diri mereka lebih baik.

Astronaut NASA Shannon Walker mengatakan, meskipun desain lama tidak terlalu sulit digunakan, perubahan desain yang dapat membuat perbedaan besar bagi perempuan.

NASA terakhir kali memesan toilet baru pada awal 1990-an untuk mengakomodasi misi pesawat ulang-alik selama dua pekan. Agensi tersebut mengontrak Collins Aerospace untuk menyediakan model terbaru; perusahaan juga mengerjakan toilet shuttle.

Baca Juga : SpaceX & NASA Luncurkan 128 Bayi Cumi-cumi ke Luar Angkasa

Sumber: VOA Indonesia

#NASA #toilet