Sabtu, 03 Oktober 2020 11:02

Jemaah Umrah Dikelompokkan Per 1000 Orang, Masjidilharam Dicuci 10 Kali Sehari

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jemaah Umrah Dikelompokkan Per 1000 Orang, Masjidilharam Dicuci 10 Kali Sehari

Usai tawaf, jemaah akan langsung melanjutkan ritual sa'i antara Safa dan Marwah. Selanjutnya keluar dari Masjidilharam melalui gerbang Marwah dan Arqam.

RAKYATKU.COM - Tidak boleh ada orang positif corona masuk ke Masjidilharam. Aturan tegas itu diberlakukan saat layanan umrah dimulai kembali 4 Oktober.

Wakil Kepala Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci, Ahmed Al Mansouri mengatakan, Kementerian Kesehatan telah mendirikan sejumlah pusat kesehatan skala kecil yang lengkap untuk menangani dugaan virus corona.

Al-Mansouri menambahkan, jemaah haji akan diizinkan masuk secara berkelompok yang terdiri dari 1.000 jemaah di setiap rombongan.

Baca Juga : Sint Travel: Layanan Umrah Terjangkau dengan Kenyamanan Tetap Jadi Prioritas

"Jemaah akan dipandu di jalur terpisah dari luar Masjidilharam hingga mataf (area mengelilingi Ka'bah). Dan akan ada 16 pemimpin yang akan menerima jemaah di halaman dan mengarahkan mereka ke Masjidilharam.

Usai tawaf, jemaah akan langsung melanjutkan ritual sa'i antara Safa dan Marwah. Selanjutnya keluar dari Masjidilharam melalui gerbang Marwah dan Arqam.

Track pertama mataf tersebut akan diperuntukkan bagi kursi roda bagi para lansia dan penyandang kebutuhan khusus.

Baca Juga : Luncurkan Brand Baru, Tazkiyah Tour Fokus Umrah Premium

Al Mansouri mengatakan bahwa staf perempuan kepresidenan akan kembali bekerja untuk pertama kalinya setelah penghentian sementara layanan umrah. Dia mengatakan bahwa waktu umrah adalah dari jam 7 pagi sampai jam 3 pagi.

Kamera termal resolusi tinggi telah dipasang di semua pintu masuk Masjidilharam, dengan larangan iktikaf dan membawa makanan dan minuman ringan ke dalam masjid.

Pejabat kepresidenan mengatakan, Masjidilharam akan disterilkan 10 kali sehari sebelum dan sesudah umrah.

Baca Juga : Menag dan Menteri Haji Saudi Bertemu, Ini yang Dibahas

Dia mengatakan semua toilet akan dicuci dan disterilkan enam kali sehari. Karpet, kursi roda, dan eskalator di Masjidilharam akan disterilkan secara teratur. Pembersihan sistem pendingin udara dan filter udara akan dilakukan dengan sinar ultraviolet beberapa kali dalam sehari.

#umrah