Senin, 28 September 2020 15:05

Muncul Wacana Orang Pakai Masker akan Diberi Uang

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

"Kemarin ada yang menyampaikan, daripada dihukum karena enggak pakai masker, dibalik, yang pakai masker dikasih duit, gimana? Pasti orang pakai masker."

RAKYATKU.COM - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyatakan ada wacana memberikan penghargaan kepada mereka yang menaati protokol kesehatan.

Menurutnya, selama ini memberikan hukuman kepada yang melanggar protokol kesehatan terbukti dinilai kurang efektif.

Ganjar mengaku mendapat masukan dari para ahli hukum di masa pandemi saat ini. "Kemarin ada yang menyampaikan, daripada dihukum karena enggak pakai masker, dibalik, yang pakai masker dikasih duit, gimana? Pasti orang pakai masker," kata Ganjar saat memberi sambutan dalam kegiatan webinar Kagama yang digelar secara daring, Minggu (27/9/2020).

Baca Juga : Jokowi Izinkan Masyarakat Tak Pakai Masker di Ruang Terbuka

Menurutnya, ini adalah penanganan yang bersifat positif dari semula yang bersifat negatif pada warga masyarakat untuk menaati protokol kesehatan.

Sejumlah psikolog juga menyampaikan kepadanya agar warga yang melanggar tak melulu dihukum. Namun, mulai dibicarakan soal contoh yang baik atau narasi yang baik.

Selama ini mekanisme sanksi masih dijatuhkan pada pelanggaran protokol kesehatan dari mulai denda, sanksi sosial atau sanksi kerja sosial. Akan tetapi, pelanggaran masih terus terjadi.

Baca Juga : Korsel Jual Masker Model Baru, Bisa Dipakai Sambil Makan dan Minum

Oleh sebab itu, kata dia, bukan hanya pemerintah yang perlu mencari solusi untuk menindak oknum-oknum yang nekat melanggar protokol kesehatan selama pandemi.

"Ilmuwan-ilmuwan sosial perlu menyampaikan, ayo kita buat semacam social reengineering bagaimana tingkat kepatuhan dilakukan," ucap Ganjar.

Sumber: CNN Indonesia

#Masker #Masker Diberi Uang #Protokol Kesehatan Covid-19