Rabu, 23 September 2020 17:24

Wagub NTT: Mentan Syahrul Jauh-Jauh Datang dari Jakarta Bakar Semangat Para Petani

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Wagub NTT berharap kehadiran Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mampu mengubah peradaban lama untuk perbaikan pertanian ke depan.

RAKATKU.COM - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Josef Nae Sodan menyambut kedatangan rombongan Menteri Pertanian (Mentan) SyahruI Yasin Limpo (SYL).

Mentan SYL datang memantau persiapan food estate di wilayah Tana Waikenena Loku Waikalala, Desa Umbul Pabal, Kecamatan Umbu Rato Nggai, Sumba Tengah, Selasa (22/9/2020).

Dalam sambutannya, Josef yang didampingi para kepala dinas dan bupati ini mengatakan bahwa kehadiran Mentan merupakan modal awal sekaligus modal kuat untuk membangkitkan semangat rakyat NTT dalam melakukan pembangunan pertanian.

Baca Juga : Survei Terbaru Calon Gubernur Sulsel: Menteri Pertanian, Kabaharkam, Waketum Golkar Hingga Bupati Gowa Teratas

"Kehadiran Pak Menteri diharapkan mampu mengubah peradaban lama untuk perbaikan pertanian ke depan. Khususnya bagi masyarakat di Nusa Tenggara Timur," ujarnya.

Josef mengatakan, upaya pembangunan pertanian di NTT dibuktikan Kementan dengan hadirnya berbagai bantuan berupa bibit, benih, dan alat mesin pertanian (alsintan). Kementan bahkan langsung melakukan penanaman jagung di lahan-lahan pertanian yang ada.

"Pak Menteri jauh-jauh dari Jakarta untuk membakar semangat rakyat NTT. Ini harus kita sambut dengan menghidupkan pertanian yang ada menjadi lebih baik lagi," katanya.

Baca Juga : Panen Jagung di Lokasi Food Estate Gunung Mas Memuaskan

Sebagai informasi, luas wilayah Sumba Tengah mencapai 186.918 hektare yang terbagi pada enam kecamatan dan 65 desa. Dari luasan tersebut, 7.601 di antaranya adalah hamparan sawah. Sedangkan sisanya merupakan lahan non sawah seperti perkebunan dan peternakan.

"Dengan lahan yang ada, kami optimis bahwa semua yang bergerak di sektor pertanian memiliki potensi besar dalam kemajuan ekonomi NTT dan nasional," katanya.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyambut baik semangat dan tekad para petani Sumba dalam meningkatkan produksi pertanian. Bahkan ia mendorong provinsi tersebut menjadi wilayah pengekspor jagung dengan kualitas jauh di atas rata-rata.

Baca Juga : Pupuk Indonesia Dukung Sulsel Menuju Swasembada Pangan 2024. Mentan: Manfaatkan Lahan Rawa

"Untuk itu, kami (Kementan) memberikan bantuan sarana produksi, alat pra panen dan pasca panen, serta mendorong para petani untuk menggunakan fasilitas kredit usaha rakyat (KUR), pengembangan pertanian berbasis korporasi dan klaster," tutupnya.

 

#kementan