Rabu, 23 September 2020 17:19

Soal Food Estate, Mentan Tegaskan Kerja Sama Antar Lembaga dan Kementerian

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengaku siap melakukan pengawalan secara ketat dengan menguatkan kerja sama antar lembaga dan kementerian terkait.

RAKYATKU.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan perlunya penguatan pangan nasional secara menyeluruh di tiap-tiap daerah.

Langkah ini harus dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya krisis pangan seperti yang disampaikan badan pangan dunia, FAO.

Menurut Presiden, antisipasi tersebut bisa dilakukan melalui konsep food estate yang menggabungkan koperasi petani dengan koperasi pertanian.

Baca Juga : Survei Terbaru Calon Gubernur Sulsel: Menteri Pertanian, Kabaharkam, Waketum Golkar Hingga Bupati Gowa Teratas

Terkait hal ini, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengaku siap melakukan pengawalan secara ketat dengan menguatkan kerja sama antar lembaga dan kementerian terkait.

"Kerja sama di lapangan sangat ketat. Tidak ada yang berjalan sendiri. Semua saling topang satu dengan yang lain," ujar Mentan, Rabu (23/9/2020).

Di lapangan, kata Mentan, Kementerian Pertanian akan menguatkan aneka ragam tanaman pangan seperti subsektor hortikukultura, perkebunan, dan peternakan.

Baca Juga : Panen Jagung di Lokasi Food Estate Gunung Mas Memuaskan

"Komoditi kita kan bukan hanya padi saja, tetapi ada hortikultura, ada perkebunan, dan ada peternakan. Insyaallah penggarapan lahan 30 ribu hektare akan dilakukan bulan depan dan dilanjutkan dengan penanaman," katanya.

Secara teknis, pekan pertama di bulan Oktober akan dilakukan penggarapan lahan. Menggunakan alat mesin pertanian traktor, drone, dan deretan mesin-mesin lainnya. Rencannya, penggarapan ini dipimpin langsung Presiden Joko Widodo.

"Presiden berharap mekanisasi dan teknologi pertanian bisa dilakukan di sana. Kita juga sudah menyiapkan sistem penaburan benih dan pupuk menggunakan drone dan kita juga memberdayakan petani. Insya Allah setelah kick off penanaman bisa cepat rampung di 30 ribu hektare," katanya.

Baca Juga : Pupuk Indonesia Dukung Sulsel Menuju Swasembada Pangan 2024. Mentan: Manfaatkan Lahan Rawa

Dengan kerja sama ini, Mentan berharap Indonesia memiliki lumbung pangan baru yang bisa menopang kebutuhan cadangan pangan nasional serta menghasilkan produksi pertanian berkualitas.

"Kita berharap muara akhirnya ada pada industri. Kita tidak akan menjual gabah saja tetapi menjual beras berkualitas yang dapat masuk ke market place. Kalau ini ditata dengan baik maka bisa menjadi produksi yang berkualitas ekspor sehingga kita punya cadangan yang cukup dan dapat meningkatkan pendapatan nasional," tegasnya.

 

#kementan