Senin, 03 Agustus 2020 17:10

Gubernur Sulsel Dukung Geopark Maros Pangkep Masuk UNESCO

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: IST
Foto: IST

Geopark Maros Pangkep tengah diajukan masuk dalam keanggotaan UNESCO.

MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menerima kunjungan General Manager Geopark Maros Pangkep, Dedi Irfan di rumah jabatannya, Senin (3/8/2020).

Pada pertemuan tersebut, Nurdin Abdullah mengungkapkan mendukung Geopark Maros Pangkep masuk dalam keanggotaan UNESCO, apalagi sudah memenuhi standar untuk masuk di UNESCO.

"Saya mendukung penuh langkah tersebut. Apalagi, Geopark Maros Pangkep sudah memenuhi standar untuk masuk di UNESCO tetapi harus ada konsisten dari masyarakat dan pemerintah untuk tetap menjaga keasliannya", ungkap Nurdin Abdullah. 

Baca Juga : Penjabat Gubernur Galakkan Penanaman 2 Juta Pohon Nangka Madu di Sulsel

Ia menyebutkan pembangunan infrastruktur di kawasan Geopark Maros Pangkep bisa dilakukan sepanjang tidak merubah keaslian situs budaya dan kearifan lokalnya

"Makanya saya bilang harus kita jaga. Jangan sampai kita merubah fungsinya. Silakan membangun infrastruktur apa saja tapi itu (jangan mengubah keasliannya)," sebutnya. 

Mantan Bupati Bantaeng lebih jauh mengatakan, langkah yang tepat adalah menjaga dan melestarikan lingkungan alam yang ada serta mampu mendorong kesejahteraan masyarakat. 

Baca Juga : Berperan Aktif Mendukung Program Kekayaan Intelektual, Gubernur Sulsel Terima Penghargaan dari Menkumham

"Langkah yang tepat untuk menjaga hal tersebut yakni dengan betul-betul menyayangi alam, ini yang sering saya katakan karena kalau mau disayangi oleh alam kita harus lebih menyayangi alam itu. Makanya kita harus muliakan.termasuk bagaimana dengan melalui alam ini masyarakat bisa sejahtera", pungkasnya.

Sementara itu, Geeneral Maneger Geopark Maros Pangkep, Dedi Irfan berharap Geopark Maros Pangkep bisa diterima sebagai bagian dari Geopark Global eksport.

"Geopark Maros Pangkep ini diharapkan bisa segera dijadikan pariwisata dunia. Mudah-mudahan tahun depan akan ada proses asesment", harapnya. 

Baca Juga : Gubernur Sulsel Jalan Pagi di Malino, Dorong Masyarakat Budayakan Pola Hidup Sehat

Ia mengaku mendapatkan support penuh dari Gubernur Sulsel terkait usulannya Geopark Maros Pangkep menuju UNESCO. 

"Jadi Gubernur Sulsel mensupport penuh pengajuan Geopark Maros Pangkep yang sekarang berstatus nasional untuk menuju ke UNESCO. Dan kemudian melakukan pembenahan dan pembangunan infrastruktur dengan tidak merubah keaslian situs budaya dan kearifan lokalnya, itu poin pesan gubernur," tutupnya. 

Geopark Maros Pangkep tengah diajukan masuk dalam keanggotaan UNESCO. Dan menjadi salah satu  destinasi wisata Sulsel yang akan diakui tingkat dunia.

#gubernur sulsel