Sabtu, 19 September 2020 19:19

Apresiasi Buah Lokal, Mentan Syahrul Kunjungi Kebun Durian Warso Farm

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Apresiasi Buah Lokal, Mentan Syahrul Kunjungi Kebun Durian Warso Farm

Mentan mengapresiasi kawasan agro edukasi dengan jejeran pohon durian siap panen serta produksi olahan yang siap jual.

RAKYATKU.COM - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengunjungi perkebunan durian Warso Farm di Jalan KH Halimi, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat.

Mentan mengapresiasi kawasan agro edukasi dengan jejeran pohon durian siap panen serta produksi olahan yang siap jual.

"Produksi seperti ini harus terus dikembangkan," ujar Mentan Syahrul, Sabtu (19/9/2020).

Baca Juga : Survei Terbaru Calon Gubernur Sulsel: Menteri Pertanian, Kabaharkam, Waketum Golkar Hingga Bupati Gowa Teratas

Menurut Mentan, buah durian merupakan buah unggulan Indonesia yang memiliki pangsa pasar lokal dan internasional. Buah ini dinilai laku keras karena memiliki penggemar yang sangat luas di seluruh Indonesia.

"Indonesia dan kejayaan aneka buah sayuran dan kacang-kacangan itu tidak kalah bagus dari produk dunia. Justru buah kita dari Sabang sampai Merauke menjadi kekuatan besar yang kita miliki," katanya.

Di samping itu, kata Mentan, Indonesia memiliki keunggulan luar biasa karena tanah yang dijadikan untuk bercocok tanam adalah tanah subur yang tiada duanya dari belahan dunia manapun.

Baca Juga : Panen Jagung di Lokasi Food Estate Gunung Mas Memuaskan

"Kontur tanah kita bukit-bukit dan gunung-gunung dengan hawa yang cukup dingin. Kondisi ini sangat cocok untuk bercocok tanam buah-buahan. Contohnya adalah Warso Farm. Di sini mereka bahkan menjadikannya sebagai agro edukasi. Itu harus kita support," katanya.

Mengenai hal ini, pengelola sekaligus pemilik Warso Farm, Voni Pawaka menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan dukungan Mentan Syahrul terhadap perkembangan buah durian di Indonesia.

Baca Juga : Pupuk Indonesia Dukung Sulsel Menuju Swasembada Pangan 2024. Mentan: Manfaatkan Lahan Rawa

Dia berharap, kedatangan Mentan mampu memenuhi harapan masyarakat atas adanya buah durian berkualitas.

"Alhamdulillah Warso Farm dikunjungi Bapak Menteri. Saya ucapkan terima kasih karena ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi perkebunan kami. Mudah-mudahan kita bisa terus mengedukasi," katanya.

Ke depan, kata Voni, Warso Farm akan terus mengembangkan lahan-lahan yang ada untuk penanaman buah naga dan durian secara masif. Langkah ini penting dilakukan untuk menambah kesejahteraan masyarakat sekitar.

Baca Juga : Mantan Gubernur Sulsel Hadiri Pelantikan Andi Amran Sulaiman Jadi Menteri Pertanian RI

"Alhamdulillah Warso farm membantu menaikkan tingkat ekonomi rakyat di sini. Mereka kami libatkan untuk mengembangkan kebun dan produk olahan makanan," tutupnya.

#kementan