Sabtu, 12 September 2020 15:02

Perketat Keamanan Pengguna, Zoom Perkenalkan 2FA

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Perketat Keamanan Pengguna, Zoom Perkenalkan 2FA

Untuk mengaktifkan Zoom 2FA di tingkat akun untuk otentikasi berbasis kata sandi, admin akun masuk ke dasbor Zoom.

RAKYATKU.COM - Zoom terus memperbaiki layanannya. Terutama soal keamanan yang sempat dikeluhkan.

Aplikasi Zoom telah memperkenalkan Two-Factor Authentication (2FA) untuk keamanan tambahan. Fasilitas baru ini memudahkan admin dan organisasi untuk melindungi data pengguna dan mencegah pelanggaran keamanan.

Untuk mengaktifkan Zoom 2FA di tingkat akun untuk otentikasi berbasis kata sandi, admin akun masuk ke dasbor Zoom.

Baca Juga : 

"Di menu navigasi, klik Lanjutan, lalu Keamanan. Pastikan opsi Masuk dengan Otentikasi Dua Faktor diaktifkan. Pilih salah satu opsi ini untuk mengaktifkan 2FA untuk: Semua pengguna di akun Anda: Aktifkan 2FA untuk semua pengguna di akun," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat (11/9/2020).

Seseorang dapat memilih pengguna dengan peran tertentu dan pengguna yang termasuk dalam grup tertentu juga.

Dengan 2FA, organisasi dapat mengurangi risiko pencurian identitas dan pelanggaran keamanan dengan menambahkan lapisan keamanan ekstra yang mencegah pelaku jahat mengakses akun dengan menebak kata sandi atau mendapatkan akses ke perangkat karyawan atau siswa.

"Menerapkan 2FA membantu organisasi memenuhi kewajiban kepatuhan untuk data sensitif dan informasi pelanggan," kata Zoom.

Untuk bisnis kecil dan sekolah, mungkin mahal untuk membayar layanan SSO (sistem masuk tunggal).

Menurut perusahaan, Zoom's 2FA menyediakan cara gratis dan efektif untuk memvalidasi pengguna dan melindungi dari pelanggaran keamanan.

Dengan Zoom's 2FA, pengguna memiliki opsi untuk menggunakan aplikasi otentikasi yang mendukung protokol Time-Based One-Time Password (TOTP) (seperti Google Authenticator, Microsoft Authenticator, dan FreeOTP), atau meminta Zoom mengirimkan kode melalui SMS atau panggilan telepon, sebagai faktor kedua dari proses otentikasi akun.

#Zoom