Jumat, 04 September 2020 13:09

Pemkot Palopo Akan Gelar Pra Coaching Clinic Sakip

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemkot Palopo Akan Gelar Pra Coaching Clinic Sakip

Coaching Clinic rencananya akan diigelar pada tanggal 18 dan 19 September 2020 di Hotel Claro Makassar.

PALOPO - Sebagai wujud komitmen dalam menciptakan pemerintahan yang bersih, akuntabel dan melayani sesuai dengan tuntutan Reformasi Birokrasi, Pemerintah Kota Palopo akan melaksanakan coaching clinic penguatan SAKIP dan Reformasi Birokrasi yang bekerjasama dengan Kedeputian Bidang Reformasi Biroraksi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementrian PAN-RB.

Sejumlah persiapan sudah dilakukan melalui rapat koordinasi bersama para Kepala Perangkat Daerah di Ruang Pola Kantor Walikota Palopo, Jumat, 4 September 2020.

Sekretaris Daerah Kota Palopo, Firmanza DP menyampaikan rapat dilaksanakan dalam rangka persiapan pelaksanaan Coaching Clinic yang rencananya akan diikuti pada tanggal 18 dan 19 September 2020 di Hotel Claro Makassar.

Baca Juga : Pemkot Palopo dan Bank Sulselbar Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

"Jadi rakor ini kita laksanakan untuk menyiapkan beberapa hal yang diperlukan nanti pada saat coaching clinic di Makassar", ucap Firmanza.

Selain pelaksanaan coaching yang bekerjasama dengan Provinsi Sulawesi Selatan dan Kementrian PAN RB, Firmanza juga menyebutkan Pemkot Palopo nantinya akan sekaligus mengikuti evaluasi dari tim, yang diikuti pula beberapa kabupaten lain seperti Jeneponto.

Terkait SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan), Sekda berharap agar semua perangkat daerah bisa mengolah datanya dengan baik agar berhasil dengan capaian nilai yang diharapkan.

Baca Juga : Pemkot Palopo Siapkan 43 Hektar Lahan untuk Gerakan Budidaya Pisang

"Karena SAKIP ini tidak akan berhasil kalau bukan kita semua yang kasi berhasil", tegas Sekda.

Hal yang sama disampaikan Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Palopo, Maghfirah Nassa. Ditegaskan, dalam pelaksanaan coaching di Makassar, pihak Kementrian juga sekaligus akan mengevaluasi.

"Untuk itu, sebelum kita mengikuti pelaksanaannya di Makasar, Pemkot Palopo akan melakukan pra-coaching sebagai persiapannya", tutur Maghfirah.

Baca Juga : Pj Wali Kota Palopo Lepas Bantuan Pangan Pemerintah

Dalam pelaksanaan pra-coaching, Maghfirah menyebutkan sebanyak 28 perangkat daerah yang akan menjadi sampel dalam menyiapkan bahannya.

"Insyaallah Senin, Pemkot Palopo akan melakukan pra-coaching kepada perangkat daerah yang di tunjuk sebagai sampelnya untuk mempersiapkan apa yang diperlukan sebelum menghadapi Kedeputian Kemenpan", ujarnya.

Untuk diketahui SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

#pemkot palopo