Rabu, 02 September 2020 21:25

Ponpes DDI Al Ikhlas Dapat Bantuan Rusun Santri dari PUPR, Bupati Barru Letakkan Batu Pertama

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ponpes DDI Al Ikhlas Dapat Bantuan Rusun Santri dari PUPR, Bupati Barru Letakkan Batu Pertama

Rusun ini nantinya akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

RAKYATKU.COM,BARRU - Ruang kelas baru (RKB) dan rumah susun (rusun) santri Pondok Pesantren DDI Al-Ikhlas Addary Takkalasi mulai dibangun.

Anggarannya bersumber dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Bupati Barru, Suardi Saleh melakukan peletakan batu pertama, Rabu (2/9/2020).

Kepal Balai Penyedia Rusun Provinsi Sulsel, Sugiharto mengatakan, tujuan dari hadirnya rusun santri ini tidak lain untuk memberikan fasilitas yang baik kepada santri agar dapat menunjang peningkatan kualitas pendidikan.

Baca Juga : PLN dan Icon Plus Akan Operasikan PLTS Atap di Kawasan Pasir Putih Pulau Dutungan

"Dengan fasilitas yang baik, maka tentunya hasil yang diberikan juga bisa lebih maksimal dan baik pula. Kita terus lakukan ini tidak lepas bagaimana bersinergi kepada para pelaku pendidikan dalam menciptakan anak didik yang berkarakter," tutur Sugiharto.

Selain itu, kata Sugiharto, langkah ini sebagai bentuk perhatian Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam penyediaan rumah dan penataan kawasan lingkungan pendidikan.

"Fasilitas rusun ini nantinya akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas di antaranya listrik, air, perlengkapan seperti tempat tidur bertingkat beserta kasur dan lemari pakaian," urainya.

Baca Juga : Jusuf Kalla Harap Santri Ponpes DDI Mangkoso Maju dengan Perkembangan Teknologi

Dia juga menitipkan harapan besar dari Kementerian PUPR RI agar bantuan tersebut dipelihara dan dijaga dengan sangat baik. Karena sifatnya hibah, maka pengelolaan sepenuhnya diserahkan kepada pondok pesantren.

"Kami harapkan bangunan berlantai dua ini dengan jumlah barak sebanyak 24 unit dan mampu menampung sebanyak 80 orang ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan pemeliharaan betul-betul dijaga dan ditata dengan sebaik-baiknya," jelasnya.

Bupati Barru, Suardi Saleh mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah membangun rumah susun ini.

Baca Juga : Milad Ke-84, DDI Mangkoso Jalin Kerja Sama dengan Dua Pesantren di Jawa

"Rusun santri ini dapat menjadi motivasi bagi para santri untuk lebih giat belajar. Juga tentunya memudahkan pembina atau guru mengontrol para santri," tuturnya.

Bupati Barru sekaligus memberi penghargaan atas nama pemerintah kepada para donatur, sesepuh, dan pimpinan Pondok Pesanteren DDI, ketua Cabag DDI Takkalasi yang telah membantu perkembangan Pondok Pesantren DDI Takkalasi ini.

"Kita apresiasi kepada mereka karena telah membantu atau mewakafkan lokasinya untuk sarana pembinaan keagamaan. Terutama Pondok Pesantren DDI Takkalasi," kata mantan kepala Dinas PU Kabupaten Pinrang tersebut.

Baca Juga : Sanggar Seni Colliq Pujie Barru Terima Bantuan Uang Dari Kemensos

Pimpinan DDI Mangkoso, KH Mansyur Mustafa sangat bahagia atas selesainya rusun pondok pesantren yang dipimpinnya.

"Terima kasih kepada Bupati Barru dan Balai Penyedia Perumahan yang telah membantu rusun ini. Pondok Pesantren DDI Takkalasi selain mengajarkan ilmu agama, tentunya juga harus memajukan semangat santrinya, apalagi dengan adanya rusun ini," katanya.

 

Penulis : Achmad Afandy
#Ponpes DDI Mangkoso #barru