Rabu, 26 Agustus 2020 08:02

Tekan Inflasi Pangan, Pemkot Parepare Hadirkan "Biduan"

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Juga ada mobil Biduan, sehingga masyarakat yang tidak mampu datang ke kantor, tinggal telepon dan diantarkan.
Juga ada mobil Biduan, sehingga masyarakat yang tidak mampu datang ke kantor, tinggal telepon dan diantarkan.

Selain sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan sayur-sayuran masyarakat, program Biduan ini juga diharapkan dapat menekan inflasi, khususnya pada kebutuhan pangan.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Ketahanan Pangan kini menghadirkan program andalan yang dinamai “Biduan” atau Bibit Peduli Pangan.

Selain sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan sayur-sayuran masyarakat, program Biduan ini juga diharapkan dapat menekan inflasi, khususnya pada kebutuhan pangan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Parepare, Muhamamd Nur mengatakan, inovasi itu dihadirkan sebagai upaya dalam penyediaan bibit pangan bagi masyarakat, seperti bibit cabai, terong, tomat, seledri, dan bibit lainnya.

Baca Juga : Halal Bihalal, Managemen RSUD Andi Makkasau Saling Support Berikan Layanan Berkualitas

"Kami melihat antusias masyarakat dalam mendapatkan bibit tanaman, terkadang mereka terkendala dengan penyediaan bibit, sehingga kami hadirkan Biduan secara gratis," ujar Muhammad Nur, beberapa waktu lalu.

Hal senada juga dikatakan Andi Paulangi, Kasubag Program dan Keuangan Dinas Ketahanan Pangan Parepare.

Menurutnya, dengan penyediaan bibit tanaman itu dapat memenuhi kebutuhan hortikultura masyarakat, serta menjadi ajang edukasi.

Baca Juga : Pemkot Parepare Dukung Percepatan Pemberian Jamsostek bagi Pekerja Rentan dan Miskin

"Selain memenuhi kebutuhan masyarakat, dengan penyediaan bibit ini dapat menekan inflasi karena kebutuhan masyarakat akan pangan terpenuhi. Kita juga edukasi agar mereka menanam bibit yang disediakan di pekarangan mereka," beber Andi Paulangi.

Dia menyebutkan, sudah ribuan bibit pangan yang disalurkan kepada masyarakat, baik masyarakat datang ke kantor atau menggunakan layanan antar yang disiapkan secara gratis.

"Kami juga punya mobil Biduan, sehingga masyarakat yang tidak mampu datang ke kantor, tinggal telepon kami antarkan," ucapnya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Akan Boyong Kadis dan Pengusaha Tinjau IKN

Bibit tanaman pangan yang disiapkan Dinas Ketahanan Pangan pun tumbuh subur dengan pemberian pupuk organik secara teratur, serta penyiraman menggunakan mesin timer khusus.

"Tahun ini merupakan periode kedua kita salurkan. Kita salurkan 5 ribu bibit seperti pada periode sebelumnya yang jumlahnya juga 5 ribu bibit," ungkapnya.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, mengapresiasi inovasi yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan. Berkat inovasi Biduan, Pemkot Parepare berhasil menekan inflasi meski di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga : PAD Triwulan Pertama Pemkot Parepare Lampaui Target , RSUD Andi Makkasau Tertinggi

"Alhamdulillah inflasi kita tetap normal. Ini salah satunya karena upaya ketahanan pangan lewat inovasi Biduan, serta pasar murah yang telah kita lakukan," urai Taufan.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #Dinas Ketahanan Pangan Parepare