Sabtu, 22 Agustus 2020 17:02

Anjing Peliharaan di Negara Ini Harus Diajak Jalan 2 Kali Sehari

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Aturan hukum ini guna memastikan anjing-anjing peliharaan bisa berjalan-jalan atau berlarian di ke taman setidaknya dua kali sehari.

RAKYATKU.COM - Para pemilik anjing peliharaan di Jerman sekarang harus membawa anjing mereka jalan-jalan dua kali sesuai aturan hukum yang baru.

Dikutip dari Mirror, di Jerman ada sekitar 9,4 juta anjing peliharaan yang seharusnya tidak boleh hanya dikurung di rumah, tetapi harus diajak ke luar rumah setidaknya satu jam per hari.

Walau begitu, tidak semua orang setuju hingga memicu perdebatan apakah perlu pemerintah terlibat dalam hal ini.

Baca Juga : 

Menteri Pertanian Jerman, Julia Kloeckner, sebelumnya pada pekan ini mengumumkan pihaknya telah mengambil masukan dari ahli dan memperkenalkan sebuah undang-undang baru.

Aturan hukum ini guna memastikan anjing-anjing peliharaan bisa berjalan-jalan atau berlarian di ke taman setidaknya dua kali sehari.

“Hewan–hewan peliharaan ini bukan mainan yang bisa dipeluk. Kebutuhan mereka juga harus diperhatikan,” kata Kloeckner.

Menurut Kloeckner, anjing peliharaan harus mendapatkan olahraga yang cukup dan tidak boleh dibiarkan sendirian untuk jangka waktu yang lama.

Diperkirakan satu dari lima rumah keluarga di Jerman memiliki satu anjing peliharaan.

“Wajib bagi pemilik anjing membawa hewan peliharaannya jalan-jalan? Sampah!” demikian bunyi opini di surat kabar Bild.

Udo Kopernik, Juru bicara VDH German Dog mengatakan hampir sebagian besar pemilik hewan peliharaan anjing menertawakan aturan baru itu. Sebab, mereka merasa sudah menghabiskan cukup waktu berjalan-jalan dengan anjing peliharaan mereka.

“Satu peraturan untuk semua anjing mungkin baik, namun tidak realistis,” kata Kopernik.

Pelatih anjing, Anja Striegel, mengatakan olahraga yang dibutuhkan oleh seorang anjing itu tergantung dari kesehatan, umur, dan perkembangan anjing.

Untuk anjing yang masih muda, berjalan selama dua jam akan membuatnya lebih sehat dan menghindari masalah jantung.

Anjing peranakan asal Jerman, German Shepherd, sangat terkenal. Begitu pula anjing bertubuh panjang, Dachshund.

Kementerian Pertanian Jerman mengatakan 16 pemerintah negara bagian akan bertanggung jawab dalam pelaksanaan aturan ini, tetapi tidak dijelaskan bagaimana mereka memberlakukannya.

#Anjing #Jerman