Jumat, 21 Agustus 2020 12:47

Pondok Pesantren Tahfizhul Qur'an Jami’ul Qurra Mulai Dibangun di Gowa

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan

Pondok Pesantren Tahfizhul Qur'an (PPTQ) Jami’ul Qurra Wahdah Islamiyah dibangun di atas lahan seluas 1.000 meter persegi.

GOWA - Pondok Pesantren Tahfizhul Qur'an (PPTQ) Jami’ul Qurra Wahdah Islamiyah mulai dibangun di Desa Mandalle, Kecamatan Bajeng Barat. Hal itu ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, pada Jumat (21/8).

Pembangunan PPTQ Jami’ul Qurra Wahdah Islamiyah dibangun di atas lahan seluas 1.000 meter persegi. Tanah ini merupakan tanah wakaf dari Abd Rahim Nyampa yang merupakan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Mandalle.

Bupati Adnan menyambut baik pembangunan PPTQ ini. Karena menurutnya sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa tahun 2020 ini yang ditetapkan sebagai tahun keagamaan.

Baca Juga : 2023, Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh Positif

"InsyaAllah, Pemerintah Kabupaten Gowa akan ikut berkontribusi agar pelaksanaan pembangunan Pondok Pesantren Tahfiz Qur'an bisa selesai sesuai target yang kita tetapkan bersama," ucap Adnan.

Orang nomor satu di Gowa ini menyebutkan beberapa program Pemkab Gowa di bidang keagamaan tahun ini yaitu satu hafidz satu desa dan menjadikan seluruh imam masjid di Kabupaten Gowa penghafal Al-Qur'an seperti imam dusun, lingkungan, desa dan kelurahan.

"Pemerintah Kabupaten Gowa membiayai 842 imam masjid di Kabupaten Gowa untuk bisa dijadikan hafidz Qur'an. Kami sudah bekerjasama dengan Ustadz Adi Hidayat untuk menjadikan para imam ini sebagai hafidz Qur'an," kata Adnan.

Baca Juga : Wabup Gowa Buka Musrenbang RKPD: Rencana Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis

Selain itu, dirinya juga akan membangun rumah Tahfiz Qur'an di Limbung, Kecamatan Bajeng. Rumah Tahfiz Qur'an ini akan dibangun di atas lahan seluas 2 hektar bekas Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Gowa.

"Seandainya tidak ada Covid-19, tahun ini kita selesaikan tahap pertamanya. Karena anggaran kita refocusing untuk Penanganan Covid-19," ungkapnya.

Adnan berharap juga dukungan dari semua pihak khususnya masyarakat agar seluruh Program Pemerintah Kabupaten Gowa baisa berjalan dengan baik.

Baca Juga : Masyarakat Biringbulu Sambut Bahagia Pos Pelayanan Publik

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Wahdah Islamiyah Kabupaten Gowa, Andi Tajuddin menyebutkan bahwa ini pesantren kedua yang dimiliki Wahdah Islamiyah di Kabupaten Gowa.

Andi Tajuddin berharap ke depan DPC Wahdah Islamyah setiap kecamatan di Kabupaten Gowa memiliki pesantren Tahfiz Qur'an untuk mendukung program keagamaan Pemkab Gowa.

"Kita berharap setiap kecamatan di Kabupaten Gowa ada pesantren Tahfidzul Qur'an. Sehingga ini sekaligus menindaklanjuti program Pemkab Gowa yaitu satu desa satu hafidz," harapnya.

Baca Juga : Pemkab Gowa Kembali Dinobatkan Jadi Kabupaten Peduli HAM dari Kemenkumham RI

Turut hadir dalam peletakan Batu Pertama pembangunan PPTQ Jami’ul Qurra Wahdah Islamiyah ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa, Hj. Adliah, Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Gowa, Muh Rusdi jajaran Tripaka dan Kepala Desa Mandalle, Kecamatan Bajeng Barat.

#Pemkab Gowa