Senin, 17 Agustus 2020 17:46

ITH Jadi Kado Spesial Parepare pada HUT Ke-75 Kemerdekaan RI

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
ITH Jadi Kado Spesial Parepare pada HUT Ke-75 Kemerdekaan RI

Pemkot Parepare juga telah menyiapkan tiga lokasi dengan total luas 32,2 hektare masing-masing gedung eks BKPSDMD, Gedung Pemuda, dan lahan di Lemoe untuk kampus ITH.

RAKYATKU.COM,PAREPARE - Perayaan HUT ke-75 kemerdekaan RI tahun ini digelar terbatas. Meski demikian, Parepare mendapat kado spesial di momen bersejarah ini.

Institut Teknologi Habibie (ITH) adalah salah satu visi dan misi pemerintahan di bawah nakhoda Wali Kota, Taufan Pawe dan Wakilnya, Pangerang Rahim. Khususnya pada pilar pendidikan dalam menjadikan Parepare sebagai Kota Industri Tanpa Cerobong Asap. Visi misi dan ini pun sudah di depan mata, dengan menjadi kado spesial di hari kemerdekaan ini.

Kepada sejumlah awak media, Wali Kota Parepare Taufan Pawe membeberkan kabar baik itu.

Baca Juga : IM3 Gelar Konser Collabonation Tout di Kota Parepare. Hibur 8500an Pengunjung

“Di momen 17 Agustus ini kami mendapat kado dari pemerintah pusat karena adanya ruang dan peluang kita tahun 2021 sudah bisa menerima mahasiswa baru ITH secara mandiri,” ungkap Taufan Pawe usai upacara di halaman kantor wali kota Parepare, Senin (17/8/2020).

Sebagai kepastian terwujudnya ITH, Pemerintah Kota Parepare telah menghibahkan empat aset daerah dalam proses pendirian ITH, melalui Kemendikbud, yaitu tanah Gedung Pemuda, tanah kantor pemerintah eks BKPSDMD Kota Parepare, lahan ITH di Kelurahan Lemoe Kecamatan Bacukiki, dan aset tetap lainnya.

Gedung eks BKPSDMD menjadi kampus I ITH, Gedung Pemuda Kampus II, dan Lemoe Kampus III.

Baca Juga : Kebakaran Terjadi di Perumahan Padat Penduduk Kota Parepare

Ruangan di gedung eks BKPSDMD diperuntukkan untuk ruang rektor, wakil rektor, kepala biro, ruang sekretaris rektor, ruang pertemuan dosen, ruang pelayanan administrasi, ruang ketua prodi, ruang dekan, tiga ruang dosen, aula, laboratorium komputer, ruang perpustakaan.

“Kemudian terdapat pula ruang kuliah lengkap perlengkapan kuliah, ruang seminar dan ruang staf teknisi,” ujar Syamsuddin Taha, kepala Bappeda Parepare, menambahkan.

Pemkot Parepare juga telah menyiapkan tiga lokasi dengan total luas 32,2 hektare masing-masing gedung eks BKPSDMD, Gedung Pemuda, dan lahan di Lemoe untuk kampus ITH.

Baca Juga : Perampok di Parepare Gasak Uang dan Puluhan Karton Rokok, Receiver CCTV Turut Dibawa Kabur

“Semua tanah itu sudah ada sertifikatnya. Termasuk lahan ITH di Lemoe yang mempunyai lima sertifikat,” urainya.

Selain tanah, Pemkot Parepare juga menghibahkan inventaris berupa peralatan dan mesin, yang terdiri dari alat-alat kantor dan rumah tangga, termasuk perlengkapan komputer dan meja.

Sementara aset gedung dan bangunan yang akan dihibahkan terdiri dari Gedung Pemuda seluas 2.330 m2 dan gedung eks BKPSDMD/DPRD Parepare seluas 2.476 m2.

Baca Juga : Telkomsel Parepare Bantu Korban Banjir, Salurkan 125 Paket Sembako

“Sedangkan aset tetap lainnya yang akan dihibahkan adalah aset dalam bentuk buku perpustakaan dengan jumlah 1.057 eksemplar atau 600 judul sesuai kebutuhan rencana Prodi,” terangnya.

Penulis : Hasrul Nawir
#parepare