Senin, 17 Agustus 2020 13:02

Aligator Tertua di Dunia Rayakan Ulang Tahun, Hidup di Kolam Dangkal dan Sederhana

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: AFP.
Foto: AFP.

Muja telah melewati perjalanan panjang dalam hidupnya, termasuk pemboman Perang Dunia II yang menewaskan banyak hewan, termasuk enam penjaga kebun binatang.

RAKYATKU.COM - Aligator tertua di dunia yang dinamai Muja, yang usianya semakin bertambah membuat pergerakannya melambat.

Dikutip Malay Mail, Muja, aligator yang telah berusia lanjut ini tak pernah meninggalkan kebun binatang di Belgrade, Serbia selama 83 tahun.

Penjaga kebun binatang tak tahu persis kapan hari hewan ini menetas, tetapi tiba di Kebun binatang pada Agustus tahun 1937.

Baca Juga : Heboh, Pria Memakai Kaos Oblong Bersarung Biru Munculkan Uang dari Balik Bantal

"Dia jantan yang lebih tua dan kami menghormati usianya," kata dokter hewan kebun binatang, Jozef Edvedj kepada AFP.

Tak diketahui secara pasti, tetapi menurut laporan, Muja berusia dua tahun saat tiba di Beograd, setahun setelah kebun binatang itu dibuka.

Foto-foto yang tertera pada laporan menunjukkan Muja lebih tua dari usia dua tahun. Penjaga kebun binatang mempercayai kalau umurnya sekarang sudah lebih dari 90 tahun.

Baca Juga : Wanita Ini Cek Rekening Bank Setelah 60 Tahun, Perubahan Saldonya Bikin Kaget

Muja telah melewati perjalanan panjang dalam hidupnya, termasuk pemboman Perang Dunia II yang menewaskan banyak hewan, termasuk enam penjaga kebun binatang.

Selama bertahun-tahun, Muja hidup di kolam sebesar 12x7 meter yang dangkal dan sederhana.

Hingga kini, Muja dalam kesehatan yang baik untuk usianya, walaupun pada 2012, cakar kanannya harus diamputasi karena gangren atau kematian jaringan akibat infeksi atau kurangnya aliran darah.

Baca Juga : Viral Petani Ukraina "Curi" dan Tarik Tank Rusia Pakai Traktor

"Operasi itu sangat sulit, tapi berhasil. Muja pulih dan menjalani hidup yang baru," kata Edvedj.

Usianya yang sudah begitu lanjut membuat Muja tidak banyak bergerak. Namun, ia menjadi lincah saat makan yang hanya diberikan sekali atau dua kali dalam sebulan. Dia membutuhkan sedikit bantuan untuk menemukan makanan yang ditempatkan di depan rahangnya.

"Saya benar-benar berharap kami bisa merayakan ulang tahunnya ke-100, karena saya yakin dia bisa hidup dengan nyaman selama 15-20 tahun lagi," kata dia.

#Aligator #Unik #viral