Sabtu, 15 Agustus 2020 18:31

Kedewasaan Berpolitik Ala Suardi Saleh, Tak Terpancing dengan Beragam Fitnah

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kedewasaan Berpolitik Ala Suardi Saleh, Tak Terpancing dengan Beragam Fitnah

Tenang dan tidak mudah terpancing, apalagi larut memprovokasi warga atau relawannya jika difitnah beragam isu.

RAKYATKU.COM,BARRU - Kematangan dan kedewasaan berpolitik Bupati Barru Suardi Saleh layak dijadikan contoh. Pasangan Andi Mirza Riogi Idris di Pilkada 2020 itu, merupakan tipikal pemimpin “manyameng kiningnawa”.

Tenang dan tidak mudah terpancing, apalagi larut memprovokasi warga atau relawannya jika difitnah beragam isu. Ia tetap fokus menjalankan tanggung jawab yang diembannya di sisa kepemimpinan periode pertamanya sebagai kepala daerah.

Seakan tahu bahwa setiap momentum pilkada, pasti ada pihak tertentu yang berusaha menjatuhkan kandidat atau incumbent dengan menghalalkan segala cara. Terutama yang posisinya berada di atas untuk tingkat keterpilihan.

Baca Juga : 

Di berbagai kesempatan, ketika ditanya mengenai beragam “serangan” yang menjurus fitnah jelang Pilkada Barru, Suardi Saleh justru menanggapi secara bijak dan santai.

“Kalau ada yang menjelek-jelekkan kita, tellau doangeng bawangni (doakan saja) semoga mendapat hidayah,” ujar Suardi Saleh di berbagai kesempatan.

Suardi Saleh yang sekira 30 tahun berkarier sebagai pamong atau birokrat, juga selalu mengingatkan dan mengimbau berbagai elemen masyarakat, termasuk para relawannya di Pilkada agar tetap mengedepankan kesantunan dalam berpolitik. Tidak mudah terprovokasi, apalagi terpancing.

Menurutnya, semangat “yassiberrui”, saling memanusiakan, sipakatau, sipakalebbi dan sipakainge’ harus tetap menjadi identitas warga Barru. Tak menjadikan perbedaan pilihan politik memutus silaturahmi apalagi bermusuhan.

“Tanggung jawab kita bersama, bagaimana suasana kondusif tetap terjaga. Silaturahmi tidak terputus hanya karena perbedaan pilihan politik,” pesan eks aktivis mahasiswa dan sederet organisasi kepemudaan, serta kemasyarakatan ini.

Selain itu, Suardi Saleh yang dikenal sebagai pemimpin tanpa sekat, juga mengajak para putra-putri terbaik Barru yang maju bertarung di pilkada, agar bersama menjadikan momentum suksesi kepemimpinan ini sebagai ajang menebar kebaikan. Beradu ide dan gagasan untuk kelanjutan kemajuan Barru.

“Siapapun yang resmi maju nantinya tentu adalah mitra berdemokrasi kami. Kita harus bersama memberikan contoh berdemokrasi yang sehat kepada masyarakat. Karena itu, momen ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya, bagaimana menghadirkan ide dan terobosan-terobosan untuk kelanjutan kemajuan Barru,” pungkasnya.

Diketahui, jelang tahapan pendaftaran kandidat di KPU, beragam isu dihembuskan yang bertujuan menjatuhkan pamor atau menurunkan tingkat keterpilihan Suardi Saleh-Andi Mirza Riogi Idris.

Pasalnya dibeberapa hasil survei lembaga profesional, dikabarkan jika elektabilitas Suardi Saleh semakin mantap di posisi teratas. Bahkan berpotensi naik lagi pasca-resmi maju berpasangan dengan Andi Mirza Riogi Idris.

Penulis : Achmad Afandy
#suardi saleh