Jumat, 14 Agustus 2020 16:40

Bupati Gowa Harap Pramuka Lahirkan Calon Pemimpin Masa Depan

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: IST
Foto: IST

Peran aktif Gerakan Pramuka dalam membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19 sangat dibutuhkan.

GOWA - Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter generasi muda diharapkan dapat melahirkan pemimpin di masa yang akan datang.

Hal ini disampaikan Adnan saat menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Ulang Tahun HUT Gerakan Pramuka Ke-59 di halaman Kantor Bupati Gowa, Jumat (14/8).

"Pendidikan karakter yang dicanangkan oleh pemerintah saat ini akan sangat dibutuhkan untuk Indonesia di masa yang akan datang dan itu semua sudah diimplementasikan oleh gerakan pramuka," kata Adnan yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa.

Baca Juga : 

Ia berharap bisa aktif pada bidang kepramukaan agar bisa mempersiapkan generasi penerus bangsa yang nantinya mampu membawa daerah ini ke arah yang lebih baik dan Indonesia yang makin gemilang di masa yang akan datang.

"Saya merupakan salah satu contoh yang ikut aktif di Pramuka sampai Jambore Nasional pada tahun 1996," ungkapnya.

Bupati Adnan yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Gowa pada kesempatan ini juga membacakan sambutan seragam Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso.

Dalam sambutan seragamnya, Budi Waseso berharap Gerakan Pramuka terus mendukung dan bersinergi dengan pemerintah untuk mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang makin yang adil dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Termasuk di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 ini. Peran aktif Gerakan Pramuka dalam membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19 sangat dibutuhkan. Walau saat ini Gerakan Pramuka telah terlibat aktif membantu pemerintah untuk penanganan Covid-19.

"Untuk tahun ini, tema Hari Pramuka adalah "Peran gerakan pramuka ikut

membantu dalam penanggulangan

bencana Covid-19 dan bela negara". Tema

tersebut adalah perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19," kata Budi Waseso dalam sambutan seragamnya.

Beberapa upaya Gerakan Pramuka dalam membantu Pemerintah untuk menangani Covid-19 yaitu ikut mensosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan tubuh, termasuk rajin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker bila berpergian ke luar rumah, dan menjaga jarak di keramaian, yang pada intinya juga harus mematuhi protokol kesehatan yang

telah dicanangkan oleh pemerintah.

"Pramuka juga ikut berkreasi membuat masker, baik untuk digunakan sendiri maupun untuk dibagikan bagi yang membutuhkan, membuat dan membagikan hand sanitizer, serta penyiapan bantuan makanan untuk dibagikan gratis kepada yang membutuhkan, sampai aktif pula dalam gerakan melakukan penyemprotan desinfektan maupun kegiatan lainnya yang dibutuhkan dalam membantu menanggulangi wabah Covid-19," sebutnya.

Dirinya berharap apa yang telah dilakukan olehnya Gerakan Pramuka dalam upaya membantu Pemerintah untuk menangani Covid-19 dapat bernilai ibadah di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Sekedar diketahui upacara HUT Pramuka Ke-59 di Kabupaten Gowa juga dirangkai dengan pemberian penghargaan kepada anggota Pramuka yang berjasa mengabdi pada Gerakan Pramuka dan Bangsa Indonesia.

Penganugerahan Tanda Lencana panca kepada 67 anggota Pramuka yang telah pengabdian tehadap gerakan Pramuka dalam pengembangan dan pembinaan gerakan Pramuka.

Penghargaan Lencana Karya Bakti dari Kwartir Nasional kepada 34 anggota Pramuka yang telah berjasa turut membantu pada masayrakat terkhusus penanggulangan bencana. Penganugerahan Lencana Bina Bakti, kepada 29 anggota Pramuka yang diberikan oleh Kwartir Daerah Sulsel kepada anggota Pramuka atas pengabdian kemanusiaan.

#Pemkab Gowa