Minggu, 09 Agustus 2020 12:01

Kisah Pejuang Perang Dunia II yang Lulus S1 pada Usia 96 Tahun

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Giuseppe Paterno. (Foto: Newsner)
Giuseppe Paterno. (Foto: Newsner)

Paterno adalah mantan pegawai kereta api. Sejak kecil sangat suka membaca buku, tetapi sayangnya tak pernah punya kesempatan melanjutkan sekolah. Hingga saat usianya 90 tahun, Paterno mendaftarkan kuliah S1 jurusan sejarah dan filsafat di Universitas Palermo.

RAKYATKU.COM - Giuseppe Paterno, lelaki lanjut (lansia) asal Italia, mencatatkan diri sebagai lulusan S1 tertua di negara itu. Dia menyelesaikan studinya pada usia 96 tahun.

Dikutip Asia One, Paterno telah menghadapi banyak ujian dalam hidupnya, mulai dari masa kecilnya yang miskin, perang, hingga pandemi Covid-19 saat ini.

Paterno adalah mantan pegawai kereta api. Sejak kecil sangat suka membaca buku, tetapi sayangnya tak pernah punya kesempatan melanjutkan sekolah.

Baca Juga : Heboh, Pria Memakai Kaos Oblong Bersarung Biru Munculkan Uang dari Balik Bantal

Hingga saat usianya 90 tahun, Paterno mendaftarkan kuliah S1 jurusan sejarah dan filsafat di Universitas Palermo.

"Saya berkata pada diri saya ‘sekarang atau tidak sama sekali’," kata Paterno.

Paterno menceritakan dia menyadari terlambat sekolah untuk mendapatkan gelar. Namun, tetap teguh menjalaninya.

Baca Juga : Wanita Ini Cek Rekening Bank Setelah 60 Tahun, Perubahan Saldonya Bikin Kaget

Pada Juni 2020, Paterno berhasil merampungkan kuliahnya. Lalu pada 28 Juli 2020 dia diwisuda secara daring. Dia menerima ucapan selamat dari rektor universitas, Fabrizio Micari.

Paterno besar di sebuah keluarga miskin di Sicily, Italia. Ketika masih kecil, dia hanya menerima pendidikan sekolah dasar.

Dia lalu masuk Angkatan Laut dan ikut berjuang pada Perang Dunia II sebelum akhirnya bekerja di perkeretaapian Italia. Dia lalu menikah dan memiliki dua anak.

Baca Juga : Viral Petani Ukraina "Curi" dan Tarik Tank Rusia Pakai Traktor

Selama ini, Paterno fokus bekerja dan memprioritaskan keluarganya. Di sisi lain, keinginan untuk melanjutkan sekolah terus menggebu.

Paterno lulus SMA pada usia 31 tahun dan selalu ingin bisa melanjutkan lagi sekolah. Dia mengatakan ilmu pengetahuan itu seperti koper berisi harta karun yang akan selalu dibawanya.

#Giuseppe Paterno #Kuliah #viral #Unik