Kamis, 06 Agustus 2020 11:03

Inilah Kota di Dunia yang Hanya Punya Satu Penduduk

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kota Cass, Selandia Baru Foto: Shutter stock
Kota Cass, Selandia Baru Foto: Shutter stock

Hingga 2013, kota ini hanya dihuni oleh satu orang saja, yaitu Don Sammons. Sebelumnya, ia pindah ke sana pada 1980 bersama istri dan putranya. Pada 1992 dia membeli kota itu. Istrinya meninggal pada 1995 dan putranya pindah pada 2007.

 

RAKYATKU.COM - Kota merupakan daerah pemukiman yang terdiri atas bangunan dan rumah yang dihuni oleh sejumlah penduduk. Namun, banyak kota yang tidak menggambarkan devisini kota pada umumnya.

Seperti milik sendiri, kota ini justru hanya memiliki satu penduduk saja. Tidak merasa kesepian karena tidak memiliki tetangga, mereka justru memilih untuk tinggal sendirian di sebuah kota tak berpenghuni tersebut.

Baca Juga : 

Berikut 5 kota paling sepi di dunia yang hanya memiliki satu orang penduduk dikutip dari kumparan.

1. Buford, Amerika Serikat
Buford merupakan kota kecil yang berada di Albany County, Wyoming, dan terletak pada ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut, di antara Laramie dan Cheyenne di Interstate 80. Buford diambil dari nama nama Mayor Jenderal John Buford, perwira kavaleri Union yang bertempur dalam perang sipil.

Hingga 2013, kota ini hanya dihuni oleh satu orang saja, yaitu Don Sammons. Sebelumnya, ia pindah ke sana pada 1980 bersama istri dan putranya. Pada 1992 dia membeli kota itu. Istrinya meninggal pada 1995 dan putranya pindah pada 2007.

Pada 5 April 2012, kota berisi toko kelontong, stasiun bensin, dan rumah modular itu dijual dengan harga 900 ribu dolar Amerika kepada dua orang dari Vietnam. Pemilik baru mengganti namanya menjadi PhinDeli Town Buford. Namun demikian, alamat pos masih menggunakan nama lama.

2. Jordan River, Kanada
Seperti Buford, Jordan River di Kanada juga menjadi kota yang hanya dihuni satu orang saja. Pada dasarnya, Jordan River merupakan kota yang memiliki pantai yang sangat cantik dan tenang.

Namun, kota tersebut sering kali mengalami bencana alam, seperti polusi, erosi, naiknya air permukaan air laut, hingga gempa bumi. Karena merasa tidak nyaman dan aman tinggal di Jordan River, nyaris seluruh penduduk memutuskan untuk meninggalkan kota ini.

Meski demikian, kondisi tersebut tak membuat pria bernama Hugh Pite (72) untuk meninggalkan kota tersebut. Dia membagi waktunya antara dua rumahnya di Jordan River dan Brentwood Bay yang berdekatan.

Meskipun mendapat peringatan untuk meninggalkan kota tersebut, tapi Pite tetap bersikukuh tidak akan meninggalkannya.

3. Monowi, Nebraska, Amerika Serikat
Sekitar delapan kilometer dari perbatasan Dakota Selatan dan Nebraska, Amerika Serikat, terdapat satu kota yang unik bernama Monowi. Monowi adalah sebuah kota yang dihuni oleh satu orang penduduk saja, yakni Elsie Eiler yang berusia 85 tahun.

Sebelumnya, Elsie tinggal di Monowi bersama suaminya Rudy. Namun, ia meninggal dunia pada tahun 2004, sehingga Elsie menjadi satu-satunya penduduk yang tinggal di Kota Monowi.

4. Tomioka, Jepang
Tomioka merupakan kota di Jepang yang terletak di 'zona terlarang', karena terdapat pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima. Pada 11 Maret 2011 PLTN Fukushima dihantam gempa dan tsunami, mengakibatkan rusaknya PLTN tersebut sehingga kadar tinggi nuklis mendekati kota.

Melelehnya PLTN menyebabkan kontaminasi kadar tinggi ke daerah sekitarnya dan memaksa evakuasi ratusan ribu penduduk. Kawasan paling terkontaminasi dalam radius 20 kilometer sekitar PLTN masih menjadi daerah terlarang.

Namun, kejadian itu menyisakan satu penduduk, yaitu Naoto Matsumura yang berusia lebih dari 50 tahun. Naoto Matsumura menjadi penduduk tunggal kota yang dulunya berpenduduk hampir 16 ribu orang itu. Dia hidup di sana tanpa aliran air ataupun listrik.

Dulunya dia termasuk dalam rombongan ribuan orang yang mengungsi, tapi kemudian kembali untuk merawat tanah, hewan terlantar, dan bahkan pemakaman setempat.

5. Cass, Selandia Baru
Berada di Distrik Selwyn, Pulau Selantan, Selandia Baru, Cass juga menjadi salah satu deretan kota yang hanya memiliki satu penduduk. Barrie Drummond merupakan satu-satunya penduduk tunggal yang menghuni kota ini.

Pada awalnya Barrie Drummond ditawari suatu pekerjaan di Cass dan ia berpikir pekerjaan tersebut hanya akan berlangsung 2 tahun. Namun, setelah 25 tahun kemudian, ia tetap tidak mau pergi dari kota tersebut meskipun hanya menjadi satu-satunya penduduk di sana.

Barrie Drummond bekerja untuk KiwiRail dan bertanggung jawab atas bagian tertinggi lintasan rel yang menghubungkan Christchurch dengan Greymouth. Barrie mengungkapkan bahwa dirinya tidak pernah merasa kesepian atau terasing dia juga tidak merasa kuatir berada di kota Cass sendirian.

#viral