Jumat, 31 Juli 2020 20:01

Cegah Penularan Covid-19, Warga Portugal Boleh ke Klub Malam Tapi Tak Boleh Joget

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
ilustrasi diskotek. ©Getty
ilustrasi diskotek. ©Getty

Menteri Urusan Kabinet Portugal Mariana Vieira da Silva mengatakan, tidak ada pilihan untuk kembali ke kondisi sebelum pandemi bagi bisnis klub malam lantaran ancaman tingginya risiko penularan.

RAKYATKU.COM - Portugal memperbolehkan klub malam dan bar buka kembali mulai 1 Agustus mendatang, namun tanpa bagian lantai dansa.

Dibukanya kembali klub malam dan bar tapi tanpa lantai dansa ini berarti warga harus menunggu sedikit lebih lama untuk bisa berjoget di tempat tersebut.

Pembukaan kembali hiburan malam ini juga dibarengi dengan aturan yang diterapkan di kedai kopi dan toko roti, yakni harus tutup pada jam 8 malam di Lisbon dan jam 1 pagi di kota-kota lain.

Baca Juga : Minum Beberapa Teguk di Klub Malam, Tubuh Gadis 18 Tahun Ini Tiba-Tiba Membeku Empat Jam

"Ada kemungkinan untuk membuka bar seperti toko roti atau kafe," ujar Menteri Urusan Kabinet Portugal Mariana Vieira da Silva, Kamis (30/7).

Sebagai gantinya, pemilik klub atau bar dianjurkan menyulap lantai dansa sebagai ruang tambahan untuk meja dan kursi pengunjung dengan catatan menerapkan jaga jarak sosial.

Kendati diperbolehkan kembali buka, namun sejumlah pelaku bisnis bar di Portugal mengaku kurang puas dengan keputusan ini.

Baca Juga : Minum Beberapa Teguk di Klub Malam, Tubuh Gadis 18 Tahun Ini Tiba-Tiba Membeku Empat Jam

Dengan kondisi pandemi, sejumlah aturan seperti jam tutup dirasa kurang masuk akal dan mengancam masa depan sektor ini.

"Ini tidak mungkin benar," ujar Hugo Cardoso, presiden asosiasi klub malam dan bar di seluruh negeri.

"Klub malam yang tutup jam 8 malam? Klub malam sebelum orang datang?" ujar Cardoso mempertanyakan aturan pemerintah soal pembukaan kembali.

Baca Juga : Minum Beberapa Teguk di Klub Malam, Tubuh Gadis 18 Tahun Ini Tiba-Tiba Membeku Empat Jam

Senada, Antonio Fonseca, presiden asosiasi klub malam di Porto, kota terbesar kedua di Portugal, mengatakan keputusan pemerintah ini sebagai hal yang konyol.

"Itu tidak masuk akal," katanya.

Bisnis klub malam dan bar di Portugal telah ditutup semenjak Maret lalu, ketika wabah virus corona mulai merebak di negara ini.

#Klub malam